Tuberkolosis/tuberkolosis.org
Health

TBC Kini Jadi Penyakit Paling Mematikan Nomor Satu di Dunia

Newswire
Jumat, 30 Oktober 2015 - 06:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Untuk pertama kalinya, tuberkulosis (TBC) menyaingi HIV dan AIDS sebagai penyakit infeksi penyebab utama kematian orang di dunia, menurut badan kesehatan dunia, WHO.

Data menunjukkan, sepanjang 2014 lalu, terdapat 1,1 juta orang meninggal karena TBC. Sementara HIV dan AIDS telah membunuh 1,2 juta orang di dunia, termasuk 400 ribu orang yang menderita TB dan AIDS. Direktur program TB WHO, Dr. Mario Raviglione, mengatakan, sekalipun intervensi TB sejak 2000 telah menyelamatkan nyawa 43 juta orang, namun angka kematian penyakit ini masih tinggi.

"Berita baiknya adalah intervensi TB telah menyelamatkan 43 juta orang sejak tahun 2000, namun sekalipun kebanyakan kasus TB telah ditangani, angka kematiannya masih tinggi," kata dia seperti dilansir Reuters. Sebuah laporan dari 205 negara mengenai TB memperlihatkan, sekitar 6 juta kasus baru TB muncul pada 2014, lebih sedikit dibandingkan tahun lalu, yakni 9,6 juta orang.

Kemudian, dari 480 ribu kasus MDR TB (resistensi tehadap dua obat anti TB) pada 2014, hanya seperempat kasus yang terdiagnosa. Raviglione mengatakan, mengetahui kondisi ini, sudah saatnya dana internasional untuk TB mulai ditingkatkan. Menurut dia, saat ini dana internasional untuk HIV dan AIDS 10 kali lebih besar dibandingkan untuk TB.

Hal ini karena HIV dan AIDS sendiri telah menjangkiti wilayah-wilayah miskin di Afrika. Sementara TB lebih banyak ditemukan di India dan China, yang pemerintah lebih mampu menangani infeksi TB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro