Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inilah Pola Hidup Sehat Ketua Yayasan Jantung Indonesia Syahlina Zuhal

Bagaimana cara mencegah perempuan yang sudah menopouse terhindar dari penyakit jantung? Inilah pengalaman Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia, Syahlina Zuhal, 70.
Reni Efita
Reni Efita - Bisnis.com 27 Januari 2016  |  07:48 WIB
Ketum Yayasan Jantung Indonesia Syahlina Zuhal - Bisnis/Reni Efita
Ketum Yayasan Jantung Indonesia Syahlina Zuhal - Bisnis/Reni Efita

Bisnis.com, JAKARTA -- Bagaimana cara mencegah perempuan yang sudah  menopouse terhindar dari penyakit jantung? Inilah pengalaman Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia, Syahlina Zuhal, 70.

Karena pengaruh hormon, kata Prof. Budhi Setianto Purwowiyoto, Kepala Divisi Preventif & Rehabilitasi Dep. Kardiologi & Ked. Vaskular FKUI, kaum perempuan lebih lama terlindungi dari penyakit jantung.

Kalau kaum pria, kata Budhi,  kebanyakan mengalami penyakit jantung setelah usia 55 tahun, sedangkan kaum perempuan setelah usia 60 tahun.

Pencegahan penyakit jantung, kata Syahlina Zuhal, 70,  Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia, sudah dimulainya  dengan melakukan pola hidup sehat terjadi masa menopouse. “Saya sudah senang makan sayur sejak sekolah dasar,” kata Syahlina setelah acara penandatanganan kerjasama PT Omron Healthcare Indonesia dan Yayasan Jantung Indonesia di kantor YJI, Selasa (26/1/2016).

Pola hidup sehat apa yang dilakukan oleh Syahlina yang sampai usia 70 tahun hidup sehat. Mengurangi konsumsi gula, garam, lemak. “Saya lebih banyak makan buah dan sayur sebagai anti oksidan. Sedangkan seratnya untuk memperlancar pencernaan,” kata Syahlina.

Lalu didukung dengan olahraga rutin. Sesuai dengan umur, Syahlina melakukan jalan kaki selama setengah jam setiap hari selama dari Senin sampai Jumat.

Sayur dan buah, katanya, dikonsumsi lima porsi sehari. Kadang-kadang pada hari tidak sarapan nasi, tapi makan  buah-buahan antara lain pepaya dan alpokat.

  


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyakit jantung
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top