Ketum Yayasan Jantung Indonesia Syahlina Zuhal/Bisnis-Reni Efita
Health

Inilah Pola Hidup Sehat Ketua Yayasan Jantung Indonesia Syahlina Zuhal

Reni Efita
Rabu, 27 Januari 2016 - 07:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Bagaimana cara mencegah perempuan yang sudah  menopouse terhindar dari penyakit jantung? Inilah pengalaman Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia, Syahlina Zuhal, 70.

Karena pengaruh hormon, kata Prof. Budhi Setianto Purwowiyoto, Kepala Divisi Preventif & Rehabilitasi Dep. Kardiologi & Ked. Vaskular FKUI, kaum perempuan lebih lama terlindungi dari penyakit jantung.

Kalau kaum pria, kata Budhi,  kebanyakan mengalami penyakit jantung setelah usia 55 tahun, sedangkan kaum perempuan setelah usia 60 tahun.

Pencegahan penyakit jantung, kata Syahlina Zuhal, 70,  Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia, sudah dimulainya  dengan melakukan pola hidup sehat terjadi masa menopouse. “Saya sudah senang makan sayur sejak sekolah dasar,” kata Syahlina setelah acara penandatanganan kerjasama PT Omron Healthcare Indonesia dan Yayasan Jantung Indonesia di kantor YJI, Selasa (26/1/2016).

Pola hidup sehat apa yang dilakukan oleh Syahlina yang sampai usia 70 tahun hidup sehat. Mengurangi konsumsi gula, garam, lemak. “Saya lebih banyak makan buah dan sayur sebagai anti oksidan. Sedangkan seratnya untuk memperlancar pencernaan,” kata Syahlina.

Lalu didukung dengan olahraga rutin. Sesuai dengan umur, Syahlina melakukan jalan kaki selama setengah jam setiap hari selama dari Senin sampai Jumat.

Sayur dan buah, katanya, dikonsumsi lima porsi sehari. Kadang-kadang pada hari tidak sarapan nasi, tapi makan  buah-buahan antara lain pepaya dan alpokat.

  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro