Teh hijau/Boldsky
Kuliner

Salah Kaprah Perlakuan Terhadap Teh

Azizah Nur Alfi
Minggu, 28 Februari 2016 - 10:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penikmat teh dapat merasakan banyak manfaat dari secangkir teh yang diminumnya. Namun, khasiat dari teh dapat diperoleh jika mendapat perlakuan yang benar.

Mixiologist Klabo Group, Agus Sutrisno, mengatakan banyak masyarakat yang salah kaprah memberikan perlakuan pada racikan teh. Misalnya, air panas yang digunakan untuk menyeduh teh sebaiknya bukan air mendidih. Sebab, ini dikhawatirkan justru dapat merusak kandungan teh di dalamnya. Penikmat teh tidak disarankan menyeduh ulang racikan teh, karena kandungan dan khasiat teh telah hilang.

Dalam 7-8 gram telah didesain untuk 450 ml air panas sekali seduh. Selain itu, penikmat minuman teh seringkali menggunakan susu segar untuk memberikan rasa creamy. Agus menyarankan penikmat teh dapat menggunakan santan kental sebagai pengganti susu segar.

Sebab, fungsi susu yang menetralisir justru akan menghilangkan fungsi dari racikan teh. Sebagai pengganti gula, penikmat teh dapat menggunakan madu yang telah dilarutkan dalam air dengan perbandingan 2:1.

“Rasa creamy dapat diperoleh dari santan kental yang dilarutkan dalam air. Perbandingannya 2 (santan kental) : 1 (air),” tuturnya pada sesi Afternoon High Tea Ariston Thermo Indonesia di Ivy Restaurant, Jakarta Selatan.

 
 
 
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro