Ilustrasi/Hrinasia
Health

10 Cara Sehat di Tengah Persaingan di Kantor

Atiqa Hanum
Senin, 11 April 2016 - 15:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu studi menemukan, rata-rata manusia menghabiskan sekitar 23% dari seluruh waktunya untuk bekerja di kantor.

Pekerjaan tersebut tentu memengaruhi kesehatan seseorang secara menyeluruh. Duduk di bilik dengan uasana yang kompetitif,  bisa mengundang stres muncul ke permukaan.

Asupan makanan yang dikonsumsi selama jam kerja membuat kalori tidak terbakar dengan cepat dan menumpuk. Ternyata, penting halnya seseorang meluangkan waktunya selama 1-2 jam untuk latihan gerak guna menahan timbulnya stres itu dan menjaga tubuh tetap segar bugar.

Berikut sepuluh tip untuk menjaga diri sehat saat bekerja dan secara efektif :

Minum yang cukup

Cukupi tubuh Anda dengan air mineral selama jam kerja untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan produktivitas. Minum minimal 8-10 gelas dalam sehari dan termasuk buah-buahan yang kaya akan kandungan air seperti semangka dan anggur adalah langkah yang baik bagi tubuh Anda. Jika lupa untuk mematuhi aturan ini, taruh botol berisi air di meja, dan buatlah alarm secara berkala untuk mengingatkan diri sendiri.

Makan siang yang sehat

Untuk tetap sehat di tempat kerja perlu mempertahankan diet yang ringan, sehat dan dikemas dengan banyak protein. Cobalah makanan yang sehat seperti sup, salad atau sayuran guna menjaga energi sepanjang hari. Hal ini lebih baik daripada menimbun lemak dengan mengunyah junk food.

Istirahatlah

Terlalu lama di dalam ruang membuat kondisi tubuh terpenjara. Walaupun bukan tidur, namun menggunakan waktu beberapa menit dengan keluar gedung cukup baik untuk kesehatan. Jemurlah diri Anda di bawah sinar matahari atau hirup udara segara dilantai teratas gedung kantor. Pilihan lain, Anda bisa merenung diam di meja untuk menjaga batin Anda di tengah-tengah kekacauan.

Batasi konsumsi kopi Anda

Cara ini cukup masuk akal dengan membatasi asupan kafein. Bagi yang terbiasa dengan beberapa gelas sehari buatlah kebiasaan baru dengan menguranginya menjadi satu cangkir sehari. Selain itu, kurangi gula atau krim dalam kopi, juga menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kalori.

Jangan absen sarapan

Sarapan yang baik dapat memberi semua energi yang Anda butuhkan untuk melalui hari. Sarapan yang sehat dan bergizi di pagi hari adalah cara yang baik untuk mempertahankan sikap yang sehat.

Perbanyak berdiri

Penelitian telah menunjukkan berdiri jauh lebih baik daripada duduk. Ini membantu membakar kalori  dan membuat tubuh bugar. Jadi, berdirilah setiap ada kesempatan daripada duduk lama di meja Anda.

Hindari godaan gula atau cokelat

Merasakan yang manis-manis memang sulit untuk dihindari. Namun, alangkah lebih baik kalau mengurangi kalori dengan menghindari manis dan menggantinya dengan beberapa makanan ringan yang sehat seperti buah-buahan atau salad sebagai gantinya.

Jagalah kebersihan meja Anda

Berada dalam ruang yang tertutup tidak membuat bilik Anda lebih bersih daripada dudukan toilet. Kita menghabiskan sebagian besar waktu kita dalam bilik tersebut, sehingga sangat masuk akal untuk menjaga kebersihan. Siap sedia tisu sanitasi dan semprotan di meja Anda untuk menjaganya tetap bersih.

Jauhkan diri dari stres

Ini merupakan hal penting untuk menekan stres diri sendiri. Anda bisa mengambil liburan untuk menjaga diri tetap terinspirasi dan terus bisa bekerja. Ini adalah tip yang paling penting dalam menjaga diri sehat selama bekerja.

Perhatikan minuman ketika nongkrong

Nongkrong untuk hanya sekedar minum-minum memang cara yang bagus untuk mengetahui rekan kerja lebih baik lagi. Namun, itu bisa meningkatkan kalori. Alangkah baiknya Anda memperhatikan minuman yang Anda pesan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro