Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 10 Film Terlaris Shah Rukh Khan

Salah satu aktor ikonik Bollywood yang film-filmnya sering menembus kesuksesan adalah Shah Rukh Khan. Ini 10 film terlarisnya.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 16 April 2016  |  13:43 WIB
Ini 10 Film Terlaris Shah Rukh Khan
Shah Rukh Khan - Istimewa
Bisnis.com, JAKARTA--Bollywood merupakan salah satu produsen film terbesar di dunia.
 
Tak jarang film-filmnya mendapatkan pundi-pundi uang yang berlimpah.
 
Salah satu aktor ikonik Bollywood yang film-filmnya sering menembus kesuksesan adalah Shah Rukh Khan.
 
Raja film Bollywood ini akan kembali menggemparkan bioskop dengan film terbarunya berjudul Fan yang akan dirlis 15 April 2016.
 
Ada dua hal yang perlu disoroti. Pertama, film besar yang dibintangi Shah Rukh Khan seperti Happy New Year dan Ra One sukses secara komersil meski mendapatkan review negatif dari para kritikus.
 
"Kedua, Shah Rukh Khan menjadi Raja Marketing atas film-filmnya, terutama pasar internasional yang sekarang mendominasi pendapatan filmnya," tutur Sudhir Syal, Co-founder dan Managing Director BookMyShow Indonesia dalam siaran pers, Sabtu (16/4/2016).
 
Sebelum menerka-nerka apakah film ini akan menjadi hits film Shah Rukh Khan selanjutnya, berikut 10 film Shah Rukh Khan dengan pendapatan terbesar yang dihimpun dari Box Office Mojo:
 
Happy New Year (2014)
 
Pendapatan: Rp 745 miliar
Happy New Year merupakan film karya sutradara wanita ternama di India Farah Khan yang berhasil menjadi film terlaris yang dibintangi Shah Rukh Khan dengan jumlah pendapatan sebesar Rp 745 miliar.
 
Film ini bergenre drama aksi dan dibintangi oleh jajaran aktor papan atas Bollywood seperti Deepika Padukone, Abhishek Bachchan, Boman Irani, dan Jackie Shroff. Film Happy New Year diproduseri oleh istri dari Shah Rukh Khan, Gauri Khan, di bawah naungan Red Chillies Entertainment yang juga dikelola oleh keduanya.
 
 
My Name Is Khan (2010)
 
Pendapatan: Rp 560 miliar
Akting mempesona Shah Rukh Khan sebagai pengidap sindrom Asperger di film My Name Is Khan membuat film ini meraup pendapatan sebesar Rp 560 miliar.
 
Film yang diproduseri oleh Karan Johar ini mempersatukan kembali pasangan emas Bollywood Shah Rukh Khan dan Kajol setelah film terakhir mereka Kabhi Khushi Kabhie Gham di tahun 2001.
 
Film ini menghantarkan 2 pemeran utama dan sutradaranya untuk menyikat habis kategori Best Actress, Best Actor, dan Best Director di ajang penghargaan bergengsi perfilman India Filmfare Awards tahun 2011.
 
 
Om Shanti Om (2007)
 
Pendapatan: Rp 528 miliar
Film Shah Rukh Khan dengan pendapatan terbesar ketiga diraih oleh film Om Shanti Om dengan jumlah pendapatan sebesar Rp 528 miliar. Film ini merupakan film pertama Shah Rukh Khan dengan Deepika Padukone, lawan main di film terlarisnya Happy New Year yang juga disutradarai oleh Farah Khan.
 
Film bergenre romantis thriller ini menampilkan hampir 50 aktor dan aktris ternama di India dalam sebuah lagu dalam filmnya yang berjudul Deewangi Deewangi.
 
 
Ra. One (2011)
 
Pendapatan: Rp 474 miliar
Ra. One menempati posisi keempat dengan pendapatan sebesar Rp 474 miliar. Film ini dapat dikatakan berbeda dengan film-film Shah Rukh Khan biasanya karena film yang disutradarai oleh Anubhav Sinha ini bergenre science-fiction dan menampilkan sang Raja Bollywood sebagai seorang pahlawan super.
 
Ia setuju membuat film ini karena ia ingin mewujudkan impian masa kecilnya untuk menjadi pahlawan super dan kemampuan untuk terbang, juga untuk mendedikasikan salah satu filmnya untuk hubungan ayah-anak yang menurutnya diabaikan di Bollywood.
 
 
Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995)
 
Pendapatan: Rp 433 miliar
Posisi kelima film terlaris Shah Rukh Khan jatuh kepada film tahun 1995, Dilwale Dulhania Le Jayenge yang dibintangi oleh pasangan emas Shah Rukh Khan dan Kajol. Film ini mendapatkan pendapatan sebesar RP 433 miliar.
 
Ini merupakan karya pertama anak sutradara legendaris Yash Chopra, Aditya Chopra. Film yang sering disingkat dengan sebutan DDLJ ini disebut-sebut sebagai salah satu film tersukses sepanjang masa di India. Film ini memenangkan 10 dari 14 kategori yang masuk nominasi di Filmfare Awards tahun 1996.
 
 
Rab Ne Bana Di Jodi (2008)
 
Pendapatan: Rp 395 miliar
Film keenam Shah Rukh Khan yang paling laris adalah film Rab Ne Bana Di Jodi yang juga disutradarai oleh Aditya Chopra. Ini merupakan film pertama Aditya setelah film terakhir yang disutradarainya Mohabbatein pada tahun 2000.
 
Film ini merupakan debut film aktris cantik Anushka Sharma yang kini telah membintangi lebih dari 10 film. Dalam salah satu lagunya Phir Milenge Chalte Chalte turut hadir 5 aktris cantik Bollywood yaitu Kajol, Rani Mukerji, Preity Zinta, Bipasha Basu, dan Lara Dutta.
 
 
Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001)
 
Pendapatan: Rp 150 miliar
Kabhi Khushi Kabhie Gham atau sering disingkat sebagai K3G ini menjadi film terlaris ketujuh Shah Rukh Khan dengan pendapatan sebesar Rp 150 miliar. Film ini dibintangi oleh pasangan Amitabh Bachchan dan Jaya Bachchan yang juga berperan sebagai pasangan suami-istri dalam film.
 
Selain pasangan ternama itu, film ini juga menampilkan pasangan emas Shah Rukh Khan dan Kajol, Kareena Kapoor dan Hrithik Roshan. Film ini memenangkan Filmfare Awards kategori Best Scene of the Year untuk adegan reuni keluarga Raichand di sebuah mal bernama Blue Water Mall.
 
 
Chennai Express (2013)
 
Pendapatan: Rp 70 miliar
Posisi kedelapan ditempati oleh Chennai Express dengan pendapatan sebesar Rp 70 miliar. Film ini merupakan film kedua yang menampilkan Shah Rukh Khan dengan Deepika Padukone setelah sebelumnya mereka hadir bersama di film debut Deepika berjudul Om Shanti Om di tahun 2007.
 
Film yang diproduseri oleh Gauri Khan ini melampaui film Aamir Khan 3 Idiots untuk menjadi film Bollywood paling sukses di seluruh dunia.
 
Don 2 (2011)
 
Pendapatan: Rp 48 miliar
Film thriller aksi yang merupakan sekuel dari film Don (2006) menempati posisi kedua terakhir film terlaris Shah Rukh Khan dengan jumlah pendapatan sebesar Rp 48 miliar.
 
Film ini masih tetap dibintangi oleh Shah Rukh Khan dan Priyanka Chopra dengan sutradara yang sama pula, Farhan Akhtar. Film ini mendapatkan pujian untuk adegan aksi, gaya arahan sutradara, juga sinematografinya. Shah Rukh Khan juga ikut menjadi penyanyi salah satu lagu dalam film berjudul Aa Raha Hoon Palat Ke yang hanya berdurasi 35 detik.
 
 
Jab Tak Hai Jaan (2012)
 
Pendapatan: Rp 40 miliar
Film kedua yang menampilkan kolaborasi antara Shah Rukh Khan dengan Anushka Sharma Jab Tak Hai Jaan menjadi film terlaris terakhir Shah Rukh Khan dengan pendapatan sebanyak Rp 40 miliar. Film ini merupakan film terakhir sutradara Yash Chopra sebelum meninggalkan industri perfilman untuk selamanya di tahun 2012.
 
Film ini cukup menggegerkan para penggemar karena dalam film ini Shah Rukh Khan melanggar aturan mainnya sendiri untuk tidak berciuman dalam film. Namun, ia terlihat mencium lawan mainnya Katrina Kaif sebanyak tiga kali dalam film. Shah Rukh Khan mengaku dipaksa untuk melakukannya karena cerita film tersebut menuntutnya untuk melakukan adegan tersebut
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bollywood film india
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top