Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Seks Bebas Pemicu Utama Penularan HIV/AIDS di Tulungagung

Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menyatakan bahwa penularan "human immunodeficiency virus" di daerah tersebut didominasi oleh perilaku hubungan seks bebas atau berganti-ganti pasangan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 Mei 2016  |  17:54 WIB
Seks Bebas Pemicu Utama Penularan HIV/AIDS di Tulungagung
HIV/AIDS - Antara
Bagikan

Kabar24.com, TULUNGAGUNG - Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menyatakan bahwa penularan human immuno deficiency virus di daerah tersebut didominasi oleh perilaku hubungan seks bebas atau berganti-ganti pasangan.

Komisioner KPA Tulungagung Didik Eka, Sabtu, mengatakan dari data 80 orang dengan HIV/AIDS (ODHA) saat ini, 49 di antaranya tertular melalui hubungan seks.

"Hubungan seks menjadi penyebab utama penularan. Penularan lain bisa juga melalui jarum suntik yang digunakan secara bergantian, melalui transfusi darah ataupun dari ASI (air susu ibu)," kata Didik, Sabtu (21/5/2016).

Secara keseluruhan sejak KPA dibentuk di Tulungagung pada 2006, kata dia, perilaku seks bebas selalu menjadi faktor dominan penularan HIV/AIDS di daerah tersebut.

Bahkan dari total 1.307 penderita yang terdata di KPA maupun Dinas Kesehatan Tulungagung selama kurun 2006 hingga sekarang, kata Didik, hampir 85% karena faktor seks bebas.

Sisanya menurut Didik karena penggunaan jarum suntik, narkoba serta penularan langsung dari orang tua kepada anak. "Penularan melalui jarum suntik dan transfusi cenderung kecil. Kasus (penularan) ini pernah ada pada 2006-2010, dan 2012. Setelah itu nihil," tuturnya.

Sementara penularan melalui transfusi darah, kata Didik, sampai saat ini belum pernah ditemukan. "Darah begitu diketahui terinveksi HIV AIDS langsung dimusnahkan dan tidak akan ditranfusikan," katanya.

Mengantisipasi tingginya penularan HIV/AIDS melalui hubungan seks, Didik mengimbau warga proaktif menggunakan kondom atau sarana pengaman seksual guna mencegah penularan langsung saat terjadi gesekan kulit dan kulit alat vital lawan jenis.

"Kondom ini mencegah agar tidak lecet pada kulit bagian vital yang bisa menyebabkan terjadinya penularan penyakit, termasuk HIV/AIDS," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hiv/aids

Sumber : Antara

Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top