Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Alasan Mengapa Perempuan Lebih Emosional Dibanding Pria

Pria bertanya-tanya mengapa wanita bisa menjadi sangat emosional, terutama dibandingkan pria. Menangis tampaknya menjadi hal yang sangat alami bagi mereka. Tapi tidak semua wanita seperti itu, meskipun sebagian besar mengalaminya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 18 Juli 2016  |  10:46 WIB
Ilustrasi - Thegrindstone
Ilustrasi - Thegrindstone

Bisnis.com, JAKARTA- Pria bertanya-tanya mengapa wanita bisa menjadi sangat emosional, terutama dibandingkan pria. Menangis tampaknya menjadi hal yang sangat alami bagi mereka. Tapi tidak semua wanita seperti itu, meskipun sebagian besar mengalaminya.

Pikiran kita telah dikondisikan untuk berpikir bahwa wanita emosional dan laki-laki tidak begitu emosional. Alasan di balik keyakinan ini memang banyak terdapat faktanya. Kimia otak dengan kondisi masa kanak-kanak, berperan dalam membentuk perilaku seseorang.

Dalam beberapa keluarga, wanita dibesarkan sedemikian rupa; dimana mereka diharapkan untuk memikirkan orang lain 'kesejahteraan pertama sebelum memperhatikan diri sendiri. Mereka diminta untuk melakukan semua pengorbanan. Ini umumnya akan membuat mereka lebih emosional dan rentan. Umumnya, wanita yang dibesarkan untuk lebih fokus pada kemajuan dan keberhasilan mereka cenderung kurang emosional dibandingkan dengan orang lain.

Berikut beberapa alasan mengapa perempuan lebih emosional:

Hormon
Dalam beberapa kasus, siklus bulanan bisa menjadi penyebab naik turunnya emosi. Hormon estrogen bisa menjadi alasan di balik fluktuasi emosional selama masa menstruasi

Tekanan sosial
Kadang-kadang, tekanan sosial juga dapat menjadi salah satu alasan di balik emosi yang tidak stabil. tekanan untuk menjadi sempurna sepanjang waktu di semua bidang adalah harapan yang tidak realistis dipaksakan pada perempuan. Dan tekanan ini kadang-kadang membuat ledakan emosi.

Trauma
Dalam beberapa kasus, trauma masa lalu bisa menjadi alasan di balik emosi. Meskipun Anda mungkin tidak menemukan alasan mengapa seorang wanita merasa sangat emosional tentang sesuatu yang cukup sederhana, mungkin ada kejadian masa lalu yang mungkin telah muncul kembali dalam benaknya.

Empati
Wanita secara alami empati. naluri merawat mereka juga bisa membuat mereka merasa emosional ketika seseorang membutuhkan bantuan.

Akseptabilitas
Kita semua tahu jika perempuan lebih mudah mengungkapkan perasaannya sendiri. Ini juga bisa menjadi alasan mengapa perempuan cenderung untuk menampilkan emosi mereka secara terbuka sedangkan laki-laki cenderung menyembunyikan air mata mereka.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengelolaan emosi

Sumber : boldsky.com

Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top