Ilustrasi/Fashionlady
Fashion

Tips Menghilangkan Ketombe dengan Cairan Pembersih Mulut

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 26 Oktober 2016 - 14:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Banyak orang bingung cara memberantas ketombe yang selalu datang meski sudah dibersihkan dan merawat rambut.

Bahkan, mereka sudah konsultasi ke dokter kulit, si ketombe tetap saja bandel menempel di kulit kepala.

Jika hal tersebut terjadi pada Anda, mungkin mouthwash atau cairan pembersih mulut bisa menjadi salah satu alternatif Anda untuk memberantas si ketombe ini.

Berdasarkan riset, mouthwash yang mengandung alkohol bisa memberantas ketombe di rambut dan menghilangkan infeksi di kulit kepala.

Namun, jangan sembarangan menggunakannya, karena ada beberapa cara yang harus Anda lakukan agar cara tersebut efektif.

Jika salah menggunakan, salah-salah kulit kepala Anda bisa rusak atau ketombe malah makin merajalela.

Pastikan ketika Anda membeli mouthwash, gunakan yang tanpa rasa, karena lebih efektif memberantas ketombe.

Juga, lakukan tes sebentar di area kecil kepala Anda untuk memastikan tidak terjadinya alergi atau efek buruk lainnya. Pasalnya, masing-masing orang mengalami reaksi yang berbeda terhadap formulanya. Berikut adalah tips untuk memberantas ketombe dengan mouthwash:

Tahap 1
Ambil setengah tutup botol cairan mouthwash, dan campurkan dengan baby oil dengan jumlah yang sama. Masukan campuran cairan itu dalam botol dengan spray, kemudian kocok merata.

Tahap 2
Bersihkan rambut Anda dengan keramas menggunakan sampo yang biasa Anda gunakan.
Dan gunakan kondisioner setelahnya. Jangan lupa, gunakan kondisioner di bagian ujung rambut saja, jangan menempel pada kulit kepala. Dan jangan bersihkan kondisioner tersebut.

Tahap 3
Semprotkan campuran mouthwash dan baby oil tadi ke kulit kepala Anda. Hindari penggunaan di bagian ujung rambut karena bisa membuat rambut kering dan pecah-pecah.

Tahap 4
Pijat lembut kulit kepala Anda selama 2 hingga 5 menit untuk melancarkan peredaran darah di kepala Anda. Kemudian diamkan selama kurang lebih 5 menit

Tahap 5
Bersihkan rambut Anda dengan menggunakan air dingin dan keringkan.  Jika Anda mencampurkan mouthwash dan baby oil, dan bukan air saja, akan mempercepat proses pengelupasan ketombe. Kemudian bersihkan rambut dengan sampo yang lembut dan tidak keras.

Tahap 6
Jika cairan masuk dalam mata Anda, bersihkan dengan air secepatnya. .Alternatif lain, Anda juga bisa mencampurkan sedikit mouthwash pada sampo harian Anda, namun jangan terlalu sering digunakan karena bisa membuat rambut Anda kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro