Kesehatan gigi dan mulut/Istimewa
Health

Karang Gigi Jarang Dibersihkan, Waspada Gingivitis

Veronika Yasinta
Sabtu, 28 Januari 2017 - 08:21
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta--Karang gigi yang lama tidak dibersihkan dapat menyebabkan gusi menjadi merah, bengkak, dan mudah berdarah.

Dokter Gigi Oktri Manessa dari Oktri Mannesa Dental Care mengatakan karang gigi bisa menyebabkan gingivitis ditandai dengan gusinya yang memerah dan bengkak meradang, cepat berdarah saat sikat gigi, makan, serta bangun tidur.

Selain itu, gingivitis juga seringkali menimbulkan aroma yang tidak sedap alias bau. Gingivitis diakibatkan buruknya kebersihan gigi dan mulut sehingga plak menumpuk dan menjadi karang gigi di daerah perbatasan antara gigi dan gusi.

"Jadi, jangan sepelekan masalah gigi karena gingivitis kalau dibiarkan lama kelamaan bisa jadi lebih parah dan mengakibatkan rusaknya tulang penyangga gigi," tulisnya dalam akun Instagram @drg_oktrimanessa.

Gingivitis juga bisa menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman sehingga kerap dikira sebagai sakit gigi biasa. Namun, biasanya dokter gigi akan menyarankan untuk melakukan saling atau pembersihan karang gigi.

"Kuretase atau membersihkan sampai seluruh bagian akar agar terbebas dari karang gigi juga bakal disarankan oleh dokter gigi untuk mengatasi gingivitis," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro