Jangan Tunggu Pensiun untuk Merenovasi Rumah

Setelah anak-anak meninggalkan rumah untuk memulai kehidupan mereka sendiri, banyak pemilik rumah, yang umumnya orang tua, memilih pindah ke rumah yang lebih kecil.
Anitana Widya Puspa | 27 Juni 2017 20:20 WIB
Desain rumah minimalis - minimalis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Setelah anak-anak meninggalkan rumah untuk memulai kehidupan mereka sendiri, banyak pemilik rumah, yang umumnya orang tua, memilih pindah ke rumah yang lebih kecil.

Atau mungkin saja dulunya saat membeli rumah, Anda tak pernah mempertimbangkan masa penisun ke dalamnya. Namun hal itu tak akan terjadi bila dilakukan dengan perencanaan yang cerdas. Dengan perencanaan, akan semakin banyak pensiunan yang memutuskan untuk tinggal di rumah mereka selama mungkin bahkan seumur hidup.

Guna menjalani kehidupan terbaik di rumah Anda sendiri saat pensiun tentunya memerlukan beberapa perubahan. Dengan membuat modifikasi yang dibutuhkan mulai dari sekarang, bahkan jika Anda telah berusia 50 tahun nantinya akan dapat menghemat waktu, uang dan ketidaknyamanan yang mungkin timbul.

Berikut ini beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan seperti yang dilansir dari Huffington Post:

Pertama, Anda bisa mulai mengurangi jumlah furnitur di tiap ruangan. Sederhanakan pengaturan tempat untuk meninggalkan jarak yang lapang antara furnitur dengan dinding guna menciptakan jalur yang aman dan mudah dinavigasi.

Kedua, pastikan bahwa ada banyak penerangan di kamar dan terutama lorong. Pasang pagar di kedua sisi tangga di dalam atau di luar rumah. Selain itu juga pertimbangkan untuk memasang lantai yang anti slip di dapur dan kamar mandi.

Ketiga, pindah ke bawah. Seiring bertambahnya usia, maka tubuh kita menjadi tidak stabil. Apabila anda sudah terlanjur tinggal di rumah bertingkat, pertimbangkan untuk memindahkan kamar tidur utama dan mandi ke lantai bawah.

Keempat, saat merenovasi kamar mandi dan ruang tamu lainnya, pertimbangkan untuk memperbesar pintu dan membuka ruang lantai untuk mengakomodasi kemungkinan penggunaan kursi roda.

Kelima, buat eksterior rumah yang lebih aman. Pasang sensor gerak pencahayaan untuk menerangi jalan setapak di malam hari. Memperbaiki dan mengganti jalan setapak yang tidak rata, beton pecah dan batu bata atau pavers yang longgar atau runtuh.

Keenam, pertimbangkan untuk menempatkan meja yang kokoh atau menempatkan rak di samping eksterior pintu sehingga dapat meletakkan tas belanja, surat dan paket dapat sambil membuka kunci pintu. Dengan meletakkan benda itu di atasnya maka akan lebih ditarik masuk, tanpa Anda harus membungkuk.

Tag : desain rumah
Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top