Berkebun bisa kurangi risiko kanker payudara./Istimewa
Health

Berkebun Bisa Kurangi Risiko Kanker Payudara

JIBI
Jumat, 30 Juni 2017 - 11:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Ada alasan yang sangat bagus jika kamu gemar berkebun. Selain bisa mendapatkan sayur mayur sehat hasil tanam sendiri dan merasa rileks, berkebun baik untuk kesehatan tubuh dan lingkungan.

Sebuah studi baru menunjukkan kegiatan berkebun yang dilakukan oleh mereka yang berusia paruh baya atau khususnya perempuan yang sudah menopause, dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara.

Mengutip Telegraph, semakin aktif berkebun bisa mengurangi peluang terkena kanker hingga 13 persen. Penelitian ini dilansir Country Living yang diklaim sebagai studi terbesar dalam meneliti efek olahraga, diet dan alkohol, pada kanker payudara sebagai penyakit yang paling umum terjadi pada wanita.

Setelah memeriksa semua penelitian di seluruh dunia mengenai dampak gaya hidup terhadap risiko kanker payudara, World Cancer Research Fund menyimpulkan 6.000 kasus dapat dicegah setiap tahun jika wanita berolahraga minimal 30 menit setiap hari.

Sementara olahraga yang berat, seperti berlari, menurunkan risiko terkena kanker payudara sebesar 17 persen dibandingkan dengan yang tidak aktif berolahraga. Dan olahraga yang lebih ringan, seperti berkebun atau berjalan kaki, ternyata paling bermanfaat untuk wanita pasca menopause karena dapat mengurangi risiko hingga 13 persen

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro