Kementerian Kesehatan/kemenkes.go.id
Health

Kemenkes Kampanyekan Imunisasi Measles Rubella

Rezza Aji Pratama
Rabu, 19 Juli 2017 - 18:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Kesehatan mulai mengampenyekan program imunisasi measles rubella (MR) yang akan dimulai pada Agustus-September 2017.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan M. Subuh mengatakan program imunisasi MR ini akan diberikan pada anak-anak usia 9 bulan sampai 15 tahun tanpa terkecuali. Untuk tahap pertama, ditargetkan sebanyak 34,9 juta anak-anak di Pulau Jawa akan disuntik vaksin MR. Adapun 31 juta anak-anak lainnya di luar Jawa akan divaksin pada Agustus-September 2018.

“Imunisasi ini gratis dan wajib tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya,” ujarnya.

Vaksin MR dberikan untuk mencegah penyakit campak dan rubella. Ini merupakan penyakit infeksi yang menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus. Campak dapat menyebabkan komplikasi serius seperti diare, radang paru, radang otak, kebutaan, bahkan kematian.

Adapun rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak. Akan tetapi jika menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

Kecacatan ini dkenal sebagai sindroma rubella kongenital di antaranya meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan pengembangan. Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, tetapi penyakit ini dapat dicegah dengan imunisasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro