Angklung Saung Udjo/Indonesiatravel
Fashion

Wah, Angklung Dikagumi Pelajar Asing di Kejuaraan Debat Sedunia

Dika Irawan
Jumat, 4 Agustus 2017 - 20:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Alat musik tradisional angklung menarik perhatian para peserta dari luar negeri di Kejuaraan Debat Pelajar Sedunia atau World School Debating Championsip 2017. Hal itu terjadi ketika pembukaan gelaran pada Rabu (2/8) lalu di Denpasar, Bali.

Timofez Kozuchov, peserta dari Republik Ceko yang pertama kali mengunjungi Indonesia mengatakan, Indonesia adalah negara yang sangat luar biasa, terutama budayanya. Dia menyatakan kegembiraannya dapat belajar bermain angklung di pembukaan WSDC 2017.

“Ini adalah sesuatu yang sangat berbeda, yang tidak pernah saya temukan sebelumnya . Saya sangat senang sekali, karena musik adalah hobi saya, dan angklung adalah alat musik yang sangat berbeda. Saya ingin mempelajari angklung lebih dalam lagi,” katanya seperti dikutip dari kemdikbud.go.id, Jumat (4/8/2017).

Senada, Katerina Adamkova, delegasi lain dari Republik Ceko mengatakan, Indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat menarik. “Saya sangat menikmati suasana saat seluruh peserta WSDC 2017 memainkan angklung secara bersama-sama. Sangat luar biasa,” ujarnya.

Katerina menambahkan, negaranya tidak memiliki alat musik tradisional seperti angklung. Pertunjukan seni yang ditampilkan di Republik Ceko sebagian besar adalah pertunjukan musik orkestra yang menggunakan alat musik modern.

Dalam pembukaan WSDC 2017 di Bali, angklung dibagikan ke sekitar 450 peserta WSDC 2017 dan tamu yang hadir. Setiap orang menerima sebuah angklung. Mereka bersama-sama belajar bermain angklung dengan arahan dari Saung Angklung Mang Udjo, sebuah sanggar seni dari Bandung, Jawa Barat.

Beberapa lagu yang dimainkan secara bersama-sama dalam pembukaan WSDC 2017 adalah lagu Que Sera-Sera, dan lagu Heal The World yang dipopulerkan oleh Michael Jackson. Alunan musik dari alat musik tradisional khas Jawa Barat itu mengalir dengan harmoni, mengikuti gerakan tangan pelatih angklung dari Saung Angklung Mang Udjo di atas panggung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro