Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wah, Angklung Dikagumi Pelajar Asing di Kejuaraan Debat Sedunia

Alat musik tradisional angklung menarik perhatian para peserta dari luar negeri di Kejuaraan Debat Pelajar Sedunia atau World School Debating Championsip 2017. Hal itu terjadi ketika pembukaan gelaran pada Rabu (2/8) lalu di Denpasar, Bali.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 04 Agustus 2017  |  20:41 WIB
Angklung Saung Udjo - Indonesiatravel
Angklung Saung Udjo - Indonesiatravel

Bisnis.com, JAKARTA – Alat musik tradisional angklung menarik perhatian para peserta dari luar negeri di Kejuaraan Debat Pelajar Sedunia atau World School Debating Championsip 2017. Hal itu terjadi ketika pembukaan gelaran pada Rabu (2/8) lalu di Denpasar, Bali.

Timofez Kozuchov, peserta dari Republik Ceko yang pertama kali mengunjungi Indonesia mengatakan, Indonesia adalah negara yang sangat luar biasa, terutama budayanya. Dia menyatakan kegembiraannya dapat belajar bermain angklung di pembukaan WSDC 2017.

“Ini adalah sesuatu yang sangat berbeda, yang tidak pernah saya temukan sebelumnya . Saya sangat senang sekali, karena musik adalah hobi saya, dan angklung adalah alat musik yang sangat berbeda. Saya ingin mempelajari angklung lebih dalam lagi,” katanya seperti dikutip dari kemdikbud.go.id, Jumat (4/8/2017).

Senada, Katerina Adamkova, delegasi lain dari Republik Ceko mengatakan, Indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat menarik. “Saya sangat menikmati suasana saat seluruh peserta WSDC 2017 memainkan angklung secara bersama-sama. Sangat luar biasa,” ujarnya.

Katerina menambahkan, negaranya tidak memiliki alat musik tradisional seperti angklung. Pertunjukan seni yang ditampilkan di Republik Ceko sebagian besar adalah pertunjukan musik orkestra yang menggunakan alat musik modern.

Dalam pembukaan WSDC 2017 di Bali, angklung dibagikan ke sekitar 450 peserta WSDC 2017 dan tamu yang hadir. Setiap orang menerima sebuah angklung. Mereka bersama-sama belajar bermain angklung dengan arahan dari Saung Angklung Mang Udjo, sebuah sanggar seni dari Bandung, Jawa Barat.

Beberapa lagu yang dimainkan secara bersama-sama dalam pembukaan WSDC 2017 adalah lagu Que Sera-Sera, dan lagu Heal The World yang dipopulerkan oleh Michael Jackson. Alunan musik dari alat musik tradisional khas Jawa Barat itu mengalir dengan harmoni, mengikuti gerakan tangan pelatih angklung dari Saung Angklung Mang Udjo di atas panggung.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

angklung
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top