Pentingnya Seorang Ibu Bagi Perempuan Muda

Ditemukan fakta Ibu merupakan sumber informasi yang masih tak tergantikan bagi para perempuan muda Indonesia, terutama saat mereka memasuki masa perubahan besar dalam hidupnya.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 18 Desember 2017  |  19:37 WIB
Pentingnya Seorang Ibu Bagi Perempuan Muda
Seorang ibu mengukur seragam sekolah untuk anaknya di Pasar Induk Rau, Serang, Banten, Minggu (9/7). - ANTARA/Asep Fathulrahman

Bisnis.com, JAKARTA – Ditemukan fakta  Ibu merupakan sumber informasi yang masih tak tergantikan bagi para perempuan muda Indonesia, terutama saat mereka memasuki masa perubahan besar dalam hidupnya.

Termasuk di dalamnya adalah saat hari pertama sang anak mengalami menstruasi yang merupakan pertanda memasuki pubertas. Peranan Ibu diharapkan untuk dapat mendampingi dan memberikan edukasi seputar menstruasi dan reproduksi dasar.

Dalam riset yang dilakukan oleh Sangobion Femine MenstruPain bekerja sama dengan Female Daily Network, salah satu komunitas wanita terbesar di Indonesia ini menunjukan fakta yang mencerminkan kekuatan ikatan antara ibu dan anak ini diperoleh dari survei yang dilakukan pada November 2017 kepada lebih dari 1,000 remaja perempuan Indonesia.

Dari survei tersebut dijelaskan bahwa 70.7% memperoleh informasi pertama mengenai menstruasi dari ibu, 64.7% perempuan Indonesia merasa nyaman untuk berdiskusi mengenai menstruasi dan reproduksi dengan ibu dan 27.3% di antaranya merasa lebih nyaman untuk membicarakan perihal topik tersebut dengan teman mereka.

Fakta menarik lainnya ditemukan bahwa perihal sanitasi ketika menstruasi (67.7%), fakta dan mitos mengenai menstruasi (65.9%), dan tips untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi (54.9%) menjadi tiga topik utama yang paling dibicarakan ibu dan anak remaja perempuannya.

Anie Rachmayani, Associate Marketing Director Consumer Health, PT Merck Tbk. menjelaskan, memperingati Hari Ibu Nasional, Sangobion Femine MenstruPain turut mendukung peran penting para ibu Indonesia.

“Sebagai sumber informasi bagi anak remaja perempuannya, terutama seputar menstruasi dan reproduksi, melalui sesi #MenstruTalk, bagian dari rangkaian kampanye #Menstruactive,” katanya dalam siaran pers, Senin (12/18/2017).

Elizabeth Santosa, Psikolog Ahli di Bidang Perempuan mengatakan, memasuki masa pubertas, di mana untuk perempuan, ditandai dengan menstruasi merupakan hal yang besar bagi kebanyakan remaja perempuannya. Diperlukan sosok yang paling dipercaya oleh para remaja untuk mendampinginya memasuki masa penting ini. Di sinilah peranan ibu yang tak tergantikan dan juga sebagai wujud ikatan antara ibu dan anak perempuannya.

“Masing-masing ibu dan anak remaja perempuan memiliki wujud ikatan yang beragam. Bagaimanapun juga, tetap diperlukan adanya pembicaraan dari hati ke hati, termasuk membahas seputar menstruasi dan reproduksi. Para ibu perlu memperhatikan timing dalam menyampaikan informasi mengenai hal ini kepada anak remaja perempuannya. Para ibu baiknya memulai #MenstruTalk sebelum anak mengalami hari pertama menstruasi.”

Novita Angie, selaku Selebriti dan Ibu dua anak mengungkapkan sebagai ibu dengan anak perempuan yang akan memasuki masa menstruasi, sesi #MenstruTalk merupakan jawaban dari banyak pertanyaan para ibu yang selama ini kesulitan dalam membicarakan hal-hal yang seringkali masih dianggap tabu, seperti menstruasi dan reproduksi.

“Saya akan membawa sesi #MenstruTalk ini ke rumah dan mengimplementasikannya bersama Jemima, anak saya, tentunya dibawakan dengan suasana nyaman dan alat edukasi menyenangkan bagi Jemima.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
hari ibu

Editor : Martin Sihombing
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top