Ilustrasi selingkuh./Istimewa
Relationship

Ini Sebabnya Wanita Baik-baik Bisa Selingkuh

JIBI
Rabu, 10 Januari 2018 - 13:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kabar selingkuh yang dilakukan pihak wanita terhadap suaminya selalu membuat banyak orang terkejut. Terlebih jika pihak prianya terlihat tidak kekurangan suatu apa pun.

Kok bisa? Kok tega? Lantas kami mengajukan sebuah pertanyaan sederhana kepada seorang pakar terkait dengan hal ini: mengapa wanita selingkuh?

Anna Margaretha Dauhan, psikolog klinis dewasa dari TigaGenerasi,mengatakan biasanya ada berbagai faktor yang menyebabkan seorang wanita selingkuh dari pasangan resminya.

"Bukan berarti perempuannya nakal atau tidak bisa menahan diri atau gimana. Tapi dalam perkawinan, biasanya kalau tidak dipelihara, emotional intimacy-nya menurun," kata Anna, Selasa (9/1/2018).

"Masing-masing (suami dan juga istri), lalu hidup dalam dunianya sendiri. Kurang adanya koneksi atau hubungan yang mendalam tentang berbagai hal," katanya.

Lebih lanjut, Anna mengatakan pasangan yang sudah memiliki anak akan lebih rentan mengalami penurunan emotional intimacy ini.

"Biasanya kalau sudah punya anak, pembicaraan, waktu, dan energi suami-istri habis atau banyak tercurah ke situ. Kadang-kadang suami atau istri jadi terlupakan. Lalu jadi longgar hubungannya, tidak dekat lagi secara emosi, dan makin lama makin menjauh," ujar Anna.

Kadang rasa yang muncul adalah sepi, bosan, dan jenuh. Kondisi ini jadi rentan ketika tahu-tahu ada pihak lain yang simpatik dan memenuhi kebutuhan emosi seorang wanita, apa pun itu. Dari yang semula hubungan hanya mengobrol biasa, lalu berkembang.

"Dinamika (selingkuh) biasanya kurang-lebih sama antara perempuan dan laki-laki, sama-sama mencari pemenuhan kebutuhan dari orang lain, walau mungkin kebutuhannya bisa berbeda, tergantung individu," ucap Anna.

"Hanya biasanya untuk perempuan, intimacy secara emosi lebih penting untuk terbangun dulu, barulah intimacy secara fisik," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro