Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bahaya dan Minimnya Dokter Spesialis Aritmia Jantung di Indonesia

Dicky Armein Hanafy, Ketua Indonesian Heart Rhythm Society Meeting (InaHRS) mengatakan, gejala atritmia cukup luas mulai dari berdebar, pusing, pingsan, stroke, bahkan meninggal mendadak.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 24 Januari 2018  |  16:42 WIB
Sakit jantung pada perempuan -
Sakit jantung pada perempuan -

Bisnis.com, JAKARTA — Aritmia merupakan salah satu gangguan produksi impuls atau tidak normalnya impuls listrik ke otot jantung. Kodisi tersebut ditandai dengan irama jantung yang terlalu lambat atau terlalu cepat (berdebar).

Secara garis besar aritmia terdiri dari dua kelompok besar, yaitu bradiaritmia atau laju jantung terlalu lambat (kurang dari 60 kali per menit) dan takiaritmia yakni laju jatung yang terlalu cepat atau melebih dari 100 kpm.

Dicky Armein Hanafy, Ketua Indonesian Heart Rhythm Society Meeting (InaHRS) mengatakan, gejala atritmia cukup luas mulai dari berdebar, pusing, pingsan, stroke, bahkan meninggal mendadak.

Akan tetapi, kataya, penyakit aritmia mungkin masih awam di telinga masyarakat. Masyarakat kurang memahami terkait penyakit tersebut, kalah populer dengan jantung koroner atau sindrom gagal jantung.

“Pengetahuan tentang aritmia masih sangat rendah,” katanya di Rumah Sakit Harapan Kita, Rabu (24/1/2018).

Terlebih lagi, ketersediaan sumber daya manusia atau dokter subspesialis aritmia juga masih sagat minim di Indonesia. Hingga saat ini, hanya sekitar 22 dokter spesialis yang menangani permasalahan tersebut. Kendati demikian, angka tersebut telah meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya terhitung dua dokter spesialis aritmia.

Terdapat perkembangan yang pesat di Jakarta, tetapi di kota-kota lain masih sangat perlu untuk ditingkatkan, baik jumlah dokter subspesialis aritmia maupun fasilitas atau alat yang diperlukan, padahal lebih dari 1.000 orang dokter spesialis jantung dan pembuluh darah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyakit jantung
Editor : M. Taufikul Basari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top