Mata Panda/Istimewa
Health

9 Kebiasaan yang Bikin Mata Panda

Mia Chitra Dinisari
Senin, 12 Februari 2018 - 14:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lingkaran hitam pada bawah mata atau yang biasa dikenal dengan mata panda, menjadi salah satu keluhan yang paling sering dialami banyak orang, terutama perempuan.

Mata panda ini, bisa mengurangi penampilan Anda untuk tampil maksimal. Lingkaran hitam pada bawah mata, membuat Anda terlihat tidak segar dan mengurangi kecantikan.

Karena itu, banyak perempuan menggunakan highlighter atau makeup correction untuk menutupi masalah ini. Padahal, hal ini sebenarnya tidak menuntaskan masalah mata panda Anda secara keseluruhan.

Orang menyebutkan mata panda karena kurang tidur, tapi sebenarnya ada banyak hal yang menyebabkannya. Berikut menurut Boldsky.com

1. Kurang Tidur

Kurang tidur mengakibatkan sirkulasi darah lebih lambat, yang pada gilirannya menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata Anda. Ini adalah salah satu faktor yang paling umum untuk tidak hanya lingkaran hitam tapi juga berbagai masalah terkait kulit lainnya.

2. Tidak Membersihkan Makeup Mata

Ini adalah kebiasaan sehari-hari umum lainnya yang mungkin berkontribusi terhadap perhatian Anda di bawah mata. Tidak menghapus riasan mata dengan benar sebelum tidur dapat menyebabkan kulit semakin gelap di bawah mata Anda.

3. Dehidrasi

Beberapa penelitian menemukan bahwa ada hubungan antara dehidrasi dan lingkaran hitam. Dehidrasi diketahui membuat lingkaran hitam lebih jelas dan juga membuat kulit di sekitar mata tampak kering dan kasar.

4. Menggosok Mata Anda Terlalu Banyak

Ini adalah kebiasaan umum lainnya yang bisa merusak kulit di bawah mata Anda dan menyebabkan perubahan warna. Karena kulit halus di bawah mata Anda rentan terhadap kerusakan, menggosoknya bisa menyebabkan reaksi inflamasi dan menyebabkan kulit menjadi gelap.

5. Paparan terhadap sinar matahari

Paparan sinar matahari langsung dapat mempengaruhi keadaan kulit bawah mata Anda yang lembut. Hal ini dapat menyebabkan perubahan warna kulit dan tanda penuaan dini. Untuk mencegah hal itu terjadi, oleskan tabir surya di bawah mata Anda untuk memastikannya terlindungi dari sinar matahari.

6. Mencuci Muka Dengan Air Panas

Seperti Anda mungkin sudah tahu bahwa kulit di sekitar mata Anda sangat sensitif dan kurus, cuci dengan air panas bisa menyebabkan pigmentasi. Ini adalah kebiasaan umum lainnya yang dapat memberi dampak negatif pada kulit di bawah mata Anda, sehingga menyebabkan lingkaran gelap yang membandel.

7. Abrasive Makeup Removal

Apakah Anda menghilangkan riasan mata dengan cara yang terlalu kencang? Jika demikian, maka Anda mungkin menyebabkan kerusakan pada kulit di bawah mata Anda, menyebabkan perubahan warna. Selalu hilangkan riasan dengan lembut untuk mencegah kerusakan.

8. Tidur tengkurap

Tidur tengkurap dapat menyebabkan retensi cairan di bawah mata Anda, sehingga menyebabkan lingkaran gelap yang tak sedap dipandang dan menonjol. Jadi, untuk menghindarinya, cobalah tidur di sisi kiri untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah masalah seperti lingkaran hitam dan mata bengkak.

9. Pakai produk Makeup mata yang tidak baik

Terakhir, penerapan krim mata yang buruk juga bisa menyebabkan kulit menggelapkan di bawah mata Anda. Misalnya, mengolesi atau mengoleskan krim di bawah mata Anda bisa menyebabkan kerusakan pada kulit yang tipis. Itulah sebabnya, adalah bijaksana untuk mengoleskan produk apapun ke kulit bawah mata Anda untuk penyerapan dan hasil yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Boldsky.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro