Bugar berolahraga/boldsky.com
Health

Olahraga Ringan dan Asupan Makanan Tepat Bikin Jantung Tetap Sehat

Ilman A. Sudarwan
Sabtu, 24 Februari 2018 - 23:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Olahraga atau setidaknya menggerakan tubuh sekecil apapun dapat membantu orang untuk bertahan melawan penyakit jantung. Penelitian terbaru menunjukkan, melakukan aktivitas sederhanapun dapat membantu melawan penyakit tersebut.

Peneliti University of Auckland, Selandia Baru Dr. Ralph Stewart melakukan penelitian yang melibatkan 15.486 orang dari 39 negara berbeda yang menderita penyakit jantung. Responden tersebut dimintai mengisi kuisioner tentang seberapa lama dan seberapa berat olahraga yang dilakukan setiap minggunya.

Dalam penelitian ini mereka juga mengikuti perkembangan para peserta selama kurang lebih 4 tahun untuk melihat seberapa banyak dari mereka yang meninggal dunia atau memiliki masalah serius seperti serangan jantung ataupun stroke.

“Kami melakukan studi terhadap penderita penyakit jantung koroner dari berbagai negara untuk melihat manfaat dari olahraga sedang sampai yang berat,” katanya sebagaimana dikutip dari Reuters.

Peserta yang menggandakan level aktivitas mereka dapat menurunkan risiko meninggal dunia oleh segala penyebab sebesar 10%. Selain itu, mereka juga mampu menurunkan risiko kematian dini karena penyakit jantung sebesar 8%.

Akan tetapi, penelitian ini juga menunjukkan bahwa melakukan aktivitas atau olahraga ringan seperti yoga, berjalan kaki, atau pekerjaan rumah sederhana juga membantu mengurangi risiko kematian karena penyakit jantung.

"Selain itu, kami menemukan bahwa penderita yang melakukan olahraga ringan juga memiliki tingkat kematian lebih rendah dibandingkan mereka yang sedikit atau tidak berolahraga sama sekali," kata Stewart.

Untuk kesehatan jantung, Asosiasi Kesehatan Amerika merekomendasikan untuk melakukan aktivitas intensitas sedang selama 30 menit sebanyak lima kali seminggu, atau minimal 25 menit intensitas tinggi sebanyak tiga kali seminggu. Mereka juga merekomendasikan melakukan kombinasi keduanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dr. Ismoyo Sunu SpJP saat dihubungi Bisnis pada Minggu (1/10/2017). Menurutnya, melakukan olahraga ringan secara teratur bisa mengurangi risiko serangan jantung.

“Dalam rangka pencegahan penyakit jantung, salah satunya memang melakukan aktivitas rutin. Setiap hari sebaiknya melakukan aktivitas selama 30 menit,” ujarnya.

Dia mengatakan melakukan olahraga ringan dapat membantu melepas Nitric Oxide yang dibutuhkan pembuluh darah untuk membuatnya lebih elastis. Dengan begitu, risiko penyakit jantung koroner akan menjadi lebih rendah.

Olahraga yang dianjurkan olehnya bukan olahraga yang sifatnya high impact seperti permainan bulu tangkis atau tenis. Menurutnya cukup dengan melakukan olahraga ringan seperti menggerakan bahu, ataupun mengangguk-anggukan kepala.

Kegiatan olahraga yang dilakukan cukup sampai meningkatkan kinerja jantung sampai 70-80% dari kecepatan denyut nadi tertentu. Acuan denyut nadi tersebut bisa dihitung dengan rumus 200-umur seseorang. Olahraga ini cukup dilakukan sebanyak 4-5 kali seminggu.

“Contohnya umurnya 50, berarti 150, lalu 70-80 persennya berarti sekitar 105 ya, nah yang diharapkan mencapai itu,” jelasnya.

Menurutnya olahraga ini bisa dilakukan sebelum memulai aktivitas pekerjaan. Bagi anda yang sudah bekerja dia menganjurkan untuk melakukan olahraga ini pada jam-jam tertentu secara bersama-sama dengan pekerja lainnya.

“Misalnya pada jam 9 pagi, itu bisa dimulai dengan instruksi dari kantor misalnya, dengan lagu-lagu juga, cukup dengan menggerak-gerakan tadi,” katanya.

Dia juga menekankan untuk melakukan olahraga dengan benar yang memuat unsur pemanasan, olahraga inti, dan pendinginan. Oleh karenanya, olahraga bisa dimulai dengan peregangan badan, olahraga inti berupa repetisi, dan peregangan kembali untuk pendinginan.

“Kalau kita tidak melakukan itu, relatif kita tidak olahraga, kalau gerakannya dipilih-pilih, itu tidak bisa dihitung olahraga,” tambahnya.

Tidak hanya dengan olahraga, Dr. Ismoyo Sunu juga menganjurkan mengatur pola makan sehat untuk menghindari serangan jantung. Salah satunya dengan mengonsumsi karbohidrat, sayur dan buah-buahan, serta protein dalam takaran yang tepat.

“Ini tidak sulit sebenarnya makanan seimbang ini. Separuh dari piring adalah sayuran dan buah, kemudian seperempatnya adalah nasi, atau karbohidrat, dan seperempat lagi protein,” jelasnya.

Selain itu, menurutnya asupan gula, garam, dan lemak dari minyak yang dikonsumsi. Dia menjelaskan Kementrian Kesehatan telah pembatasan konsumsi terhadap asupan-asupan tersebut guna menghindarkan diri dari serangan jantung.

“Gula itu 4 sendok makan, kemudian garam itu sendok teh, dan minyak atau lemak 4 sendok makan dalam sehari, itu yang dianjurkan,” katanya.

Terakhir, dia juga menganjurkan untuk tetap memerhatikan faktor risiko yang bisa menyebabkan serangan jantung. Secara rutin mengecek gula darah, kolesterol dan darah tinggi dapat membantu anda memantau kondisi jantung anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro