Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengenal Olahraga Zumba dan Jenisnya yang Sesuai dengan Kebutuhan

Zumba mungkin terlihat seperti olahraga yang dipimpin oleh instruktur seperti pada umumnya, namun zumba telah menjadi fenomena yang besar karena menawarkan lebih dari sekedar berkeringat.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 10 Maret 2018  |  15:39 WIB
Tari zumba - Istimewa
Tari zumba - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -Zumba mungkin terlihat seperti olahraga yang dipimpin oleh instruktur seperti pada umumnya, namun zumba telah menjadi fenomena yang besar karena menawarkan lebih dari sekedar berkeringat.

Kelas Zumba seperti pesta dansa yang Anda tunggu-tunggu untuk Anda hadiri secara rutin, yang pada akhirnya Anda akan merasakan kebebasan, meningkatnya rasa percaya diri, dan menjadi diri yang lebih baik.

Hal utama yang menarik peminat adalah bahwa zumba sangat menyenangkan, dan itu merupakan alasan yang sangat sederhana bagi orang-orang yang tidak terbiasa berolahraga. Untuk sebagian banyak orang, melangkahkan kaki ke tempat olah raga atau gym untuk pertama kalinya bisa menjadi momok yang mengancam; bisa karena rasa takut akan kelelahan tah tertahankan sampai berurain air mata, atau rasa tidak percaya diri setelah melihat orang lain yang memiliki badan sempurna.

Di sisi lain, kelas zumba hanya ingin Anda meninggalkan ruang olahraga dengan lebih bahagia daripada saat anda memasuki ruangan. Gerakan tariannya yang sederhana dan mudah diikuti, namun bertumpu pada gerakan pinggul dan jumlah langkah, tetap menjadikannya latihan yang sangat efektif.

“Zumba kami menawarkan lingkungan yang aman bagi wanita maupun pria, yang dimana mereka dapat merasa nyaman dengan dirinya sendiri. Kami ingin mereka bersenang-senang – tidak peduli berapa umur ataupun berat badan mereka­ – dan sangat menikmati kelasnya sehingga mereka menjadikannya sebagai sebuah kebiasaan untuk berlatih fisik secara rutin,” jelas Sulis Sugianto, seorang Zumba® Education Specialist (ZES) yang telah menginspirasi ratusan pengikut setia di kelasnya selama lebih dari 5 tahun aktif dalam siaran persnya.

Faktor penting bagi para pengikut setia kelas Zumba, selain olahraga dengan tarian yang menyenangkan, tanpa diragukan lagi yaitu instrukturnya. Mereka bukan hanya sekedar instruktur secara fisik, lebih dari itu, mereka juga dapat dianggap sebagai motivator. Menciptakan lingkungan kelas Zumba yang menyenangkan dan inspiratif sangat bergantung pada kemampuan instruktur untuk terlibat dan menjalin hubungan yang positif dengan anggotanya.

Seorang selebriti terkenal yaitu Liza Natalia, yang baru saja terpilih secara resmi sebagai Zumba® Ambassador pada bulan Desember 2017 lalu setelah lebih dari 7 tahun berdedikasi untuk menyebarluaskan keseruan zumba di seluruh penjuru negeri, mengakui bahwa zumba tidak hanya membuka jalur karir yang sukses, namun juga memberinya keluarga baru yaitu para penggemar program zumba.

“Saya punya anggota yang rutin datang ke kelas saya setiap dua kali seminggu selama 5 tahun terakhir, dan kami telah menjadi teman baik – atau bahkan lebih, keluarga. Kami saling memotivasi untuk menjadi diri kita yang lebih baik secara fisik, mental, dan emosional. Saya kira itu adalah alasan mengapa kelas zumba diterima dengan positif di Indonesia, sebuah negara yang menjunjung tinggi rasa kekeluargaan dan solidaritas. Anggota zumba pun merasakan rasa saling memiliki,” jelas Liza.

Faktor kebahagiaan yang digabungkan dengan rasa saling memiliki dari kelompoknya memberikan manfaat bagi kesehatan mental yang unik, yang telah dibuktikan oleh beberapa penelitian.

Sebuah studi dari American College of Sports Medicine mengungkapkan, bahwa aktivitas kelompok dapat meningkatkan kehidupan sosial. Studi lain dari European Journal of Sports Science menunjukkan bahwa hanya dalam delapan minggu mengikuti kelas zumba, kualitas hidup seorang wanita melonjak 9% dan kepercayaan diri mereka meningkat 16%.

Sebuah studi yang masih berhubungan dari Journal of Physical Activity & Health pun menemukan bahwa orang-orang yang mempraktikannya akan merasa lebih mandiri dan mengatakan bahwa kehidupan mereka tampak lebih terarah.

Alasan terakhir dan yang sering ditanyakan oleh banyak orang, “apakah sebenarnya ada manfaat untuk fisik?”

Kisah inspirasional dari seorang Sandra Bella Nirvana akan menjawab “ya, memang bermanfaat”, karena dia telah mengubah dirinya dengan menghilangkan 40kg hanya dalam waktu 8 bulan. Selain mengikuti kelas Zumba® secara teratur, kelompoknya juga telah membantu dan menginspirasinya untuk mengkonsumsi makanan yang lebih sehat.

“Di tahun 2014, adalah keadaan yg sulit untuk saya dengan keadaan ibu saya yang sedang berjuang melawan kanker payudara dan bisnis saya yang tidak berjalan dengan baik. Saat itu saya mengatakan “cukup!” pada diri saya, bahwa saya harus menjadi pribadi yang bahagia dengan hidup saya, tubuh saya, juga demi menghindari penyakit yang menakutkan karena obesitas. Sampai akhirnya saya menemukan zumba yang membawa perubahan dalam hidup saya menjadi lebih percaya diri, bahagia dengan tubuh saya dan menjadi pribadi yang lebih menyenangkan. Hanya dalam satu jam kelas Zumba®, saya membakar 800-1.000 kalori dengan cara yang menyenangkan,” ujar Sandra.

Co-Founder dan CEO Zumba® Alberto Perlman menjelaskan zumba itu untuk semua orang dan bagi siapa pun yang ingin menjadi diri mereka yang lebih baik, namun setiap orang tentunya unik.

"Masing-masing mempunyai kapasitas, batasan dan tujuannya sendiri. Kami merancang variasi dari program Zumba® aslinya, untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda ini.” ujarnya.

Liza Natalia, brand ambassador zumba untuk Indonesia yang telah mempopulerkan zumba di negara ini selama tujuh tahun terakhir, mengatakan bahwa beragam program yang ditawarkan oleh Zumba® sangat sesuai dengan khayalak Indonesia yang beragam dan membutuhkan pilihan.

Ada 6 program Zumba® lainnya yang dapat diikuti oleh para penggemar di Indonesia:

ZUMBA GOLD®

Program Zumba Gold® mengambil formula Zumba® dan memodifikasi gerakan dan kecepatannya sesuai dengan kebutuhan orang berumur yang aktif, dan juga mereka yang baru memulai perjalanan gaya hidup sehat dan bugar. Yang tetap sama adalah semua elemen Zumba® fitness-party yang dikenal: musik menyemangatkan dari segala penjuru dunia seperti salsa, merengue, cumbia dan reggaeton; gerakan yang menggembirakan dan mudah diikuti; dan suasana seperti pesta yang mengasyikan

ZUMBA® STEP

Program Zumba® Step tetap mengikuti formula yang mudah diikuti, namun meningkatkan unsur fitness-party dengan campuran rasa Zumba®, dengan variasi langkah aerobik dan gerakan fitness mengikuti irama musik global. Dengan memanfaatkan gerakan langkah dari aerobik, program ini menawarkan latihan kordio yang lengkap, sementara mengincar bagian tubuh seperti pinggul dan paha, untuk membentuk tubuh bagian bawah sambil memperkuat otot dan membantu keseimbangan dan koordinasi.

ZUMBA® TONING

Program Zumba® Toning memperluas elemen kardiovaskular yang mencakup daya tahan otot untuk melatih seluruh tubuh. Dengan menggunakan tongkat ringan Zumba® Toning Sticks – yang berfungsi ganda sebagai alat musik maraca guna meriahkan irama musik – program ini menyertakan gerakan repetisi untuk menargetkan kelompok otot tertentu sambil membakar lemak.

AQUA ZUMBA®

Dikenal sebagai “pesta kolam renang”, latihan terapeutik ini menggabungkan ritme musik dari segala penjuru dunia dan menggunakan resistensi air, untuk menciptakan olahraga perarian yang aman dan sangat efektif. Program Aqua Zumba® memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh, dan juga menyenangkan dan menyegarkan.

ZUMBA® KIDS

Program Zumba® Kids adalah pesta dance-fitness termutakhir, khusus untuk penggemar Zumba yang berusia 7 sampai 11 tahun, di mana mereka dapat bermain dengan bebas dengan teman sesuai peraturan mereka sendiri. Program ini menampilkan musik dan gerakan yang ssesuai dengan usia dan menggoyangkan tubuh mereka. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa tak kenal takut di lantai dansa dan mendorong agar menjadi diri sendiri.

ZUMBA® KIDS JR.

Zumba® Kids Jr. adalah pesta dansa dan bermain bagi si kaki mungil untuk bebas bersenang-senang, bermimpi besar dan memulai perjalanan mereka menuju masa depan yang sehat. Program ini adalah tempat di mana anak berusia 4 sampai 6 tahun dapat melepaskan diri dan menjadi diri mereka sendiri – sekelompok anak usia dini dengan energi natural yang tak hentinya penasaran dengan suara dan pengalaman baru! Di sini mereka dapat bersosialisasi, bergoyang dengan musik yang sesuai usia dan bermain dengan yang lainnya.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

zumba dance
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top