Ilustrasi/Istimewa
Health

SLEEP APNEA : Pahami Gejala dan Dampak Gangguan Tidur Bagi Tubuh Anda

Asteria Desi Kartika Sari
Rabu, 11 April 2018 - 20:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA --Gangguan tidur bisa menimpa siapa saja, namun bukan berarti hal ini tak perlu dianggap sebagai masalah yang biasa-biasa saja.

Tidur adalah salah satu cara mengurangi tekanan pekerjaan ataupun kompetisi dalam hidup, baik disadari atau pun tidak. Guna menjaga kondisi tubuh dibutuhkan kualitas tidur yang baik . Pasalnya, saat tidur bagian tubuh yang bekerja keras beristirahat dan menjalani proses regenerasi.

Kendati begitu, kualitas tidur setiap orang berbeda-beda, kondisi fisik dan mental akan sangat mempengaruhi kualitas tidur. Gangguan tidur adalah kelainan yang bisa menyebabkan masalah pola tidur, seperti terbangun di malam hari, tidak bisa tidur, atau ketidakmampuan untuk kembali tidur.

Namun, masyarakat masih banyak yang tidak begitu paham terkait gangguan tidur. Bahkan, ada juga yang menganggap gangguan tidur adalah hal yang biasa.

SLEEP APNEA : Pahami Gejala dan Dampak Gangguan Tidur Bagi Tubuh Anda

Peluncuran Royal Sleep Institute/Asteria Desi Kartika Sari

Dokter Spesialis THT-KL Suriya Suwanto mengatakan akibat gangguan tidur yang paling mudah dikenali adalah kelelaham, merasa lemas dan mengantuk, mudah marah, dan sulit berkonsentrasi.

"Semua sel yang ada dalam tubuh membutuhkan istirahat, jika tidak istirahat maka energi tidak kembali. Pola tidur yang tidak benar menyebakan gangguan tidur," katanya di Royal Progress, Rabu (11/4/2018).

Dia mengatakan gangguan tidur juga disebabkan beberapa faktor seperti lingkungan seperti tekanan pekerjaan, kejiwaan, juga genetika seperti anatomi tubuh.

Guna membantu menangani masalah tersebut Rumah Sakit Royal Progress menggandeng MedAlpha membuka Royal Sleep Institute (RSI). Hal tersebut dilakukan untuk mengedukasi masyarakat luas dalam mencegah dan mengelola obstructive sleep apnea (OSA) yang dapat mengakibatkan kematian.

Foto: Asteria Desi Kartika Sari

https://drive.google.com/file/d/1jwQiXKOwOKQoYPcyzh6TINl_oNDGr4VA/view?usp=drivesdk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro