6 Hal Harus Dihindari Ibu Saat Hamil

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui Direktur Kesehatan Keluarga, dr Eni Gustina memberitahu enam hal yang harus dihindari oleh ibu yang sedang hamil sesuai dengan panduan buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) yang diterbitkan oleh Kemenkes.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 24 Juli 2018 12:19 WIB
Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat drg. Widyawati, MKM, Direktur Kesehatan Keluarga dr Eni Gustina, MPH, Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak FKUI Profesor Soedjatmiko pada acara temu media dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2018, Jakarta, Selasa (24/7). - JIBI/ Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh

Bisnis.com, JAKARTA - Selama hamil ada larangan-larangan yang harus dipatuhi oleh perempuan.

Mengapa dilarang? Karena hal-hal tersebut sangat berbahaya jika sampai dilakukan oleh ibu hamil.

Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan dr Eni Gustina mengatakan ada enam hal yang harus dihindari oleh ibu yang sedang hamil sesuai dengan panduan buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) yang diterbitkan Kemenkes.

"Pertama, jangan kerja berat, misalnya bawa-bawa jerigen air dan sebagainya," ungkap Eni pada acara temu media dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2018, di Kantor Kemenkes, Jakarta, Selasa (24/7/2018).

Kedua, ibu hamil tidak diperbolehkan merokok atau terpapar asap rokok. Ketiga, tidak boleh minum minuman yang bersoda, beralkohol dan jamu.

Keempat, saat masa hamil tua, ibu hamil jangan tidur dalam posisi terlentang dalam waktu lebih dari 10 menit.

Kelima, ketika sakit, ibu yang sedang hamil sangat dilarang untuk mengonsumsi obat tanpa resep dari dokter.

"Terakhir, yang penting ibu hamil tidak stres berlebihan, karena itu akan memengaruhi psikis janin yang sedang dikandungnya," tukasnya.

Tag : kemenkes, ibu hamil
Editor : Nancy Junita
Top