Suwarni Widjaja Tengah Menyeduh Teh/ Bisnis-Eva Rianti
Relationship

Meditasi Lewat Secangkir Teh

Eva Rianti
Rabu, 26 September 2018 - 12:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Meminum teh ternyata tidak hanya sekedar meneguknya, namun lebih daripada itu, teh ternyata merupakan meditasi.

Hal itu diungkapkan oleh pencinta teh yang dijuluki sebagai Master Teh, Suwarni Widjaja. Namun, Wanita bernama asli Tjen Soen Tjau ini menuturkan bahwa meditasi yang dimaksud bukanlah meditasi yang diam, melainkan meditasi bergerak.

“Meditasi kan duduk diam. Kalau ini [menyeduh teh] saya harus berbicara dengan rekan semeja, tetapi tetap berkonsentasi. Ini meditasi yang bergerak,” tuturnya ketika ditemui Bisnis di Jakarta Pusat, Senin (24/9/2018).

Suwarni menjelaskan bahwa dalam menyeduh teh, otak kanan dan otak kiri secara bersamaan terlatih untuk berkerjasama dimana tangan kanan, tangan kiri, dan mulut berfungsi semua.

“Makanya kalau latihan begini, mungkin saja untuk menjadi pikun yang biasanya orang dalam 10 tahun ke depan sudah pikun, sementara kita pikun 15 tahun ke depan. Kenapa? Karena kita melatih otak. Inilah yang dinamakan meditasi yang bergerak,” jelasnya.  

Dia menceritakan bahwa negara yang terbiasa melakukan rutinitas meminum teh sebagai seni meditasi adalah China dan Taiwan. Begitu bangun tidur mereka meminum teh, dan inilah kebiasaan yang menurutnya membuat penikmat teh menjadi lebih sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro