Pencipta SpongeBob, Stephen Hillenburg Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari dunia animasi. Stephen Hillenburg, sosok di balik terciptanya karakter SpongeBob SquarePants meninggal dunia pada usianya ke-57.
Iim Fathimah Timorria | 28 November 2018 08:38 WIB
Balon SpongeBob SquarePants ikut serta dalam parade tahunan Thanksgiving yang digelar peritel Macys di New York, AS pada 2014. - Reuters/Andrew Kelly

Bisnis.com, JAKARTA - Kabar duka datang dari dunia animasi. Stephen Hillenburg, sosok di balik terciptanya karakter SpongeBob SquarePants meninggal dunia pada usianya ke-57.

Berita duka tersebut dikonfirmasi Nickelodeon yang telah menayangkan serial kartun tersebut sejak 1999.

"Kami sedih untuk menyampaikan kabar duka meninggalnya Stephen Hillenburg, pencipta SpongeBob SquarePants," tulis Nickelodeon dalam unggahan di Twitter pada Selasa (27/11/2018).

"Hari ini kami memperingati momen hening untuk menghormati kehidupan dan pekerjaannya," sambung Nickelodeon.

Mengutip Variety, Nickelodeon mengungkapkan bahwa Hillenburg meninggal akibat penyakit saraf motorik, amyotrophic lateral sclerosis (ALS) yang didiagnosis ia derita sejak Maret 2017.

Sejak tayang pada 1999, serial SpongeBob SquarePants telah hadir dalam lebih dari 200 episode. Kartun tersebut melejit menjadi budaya populer dan telah dialihbahasakan ke lebih dari 60 bahasa di dunia.

"Kukira kami hanya akan menayangkan SpongeBob dalam 4 musim saja, namun hingga kini masih berlanjut," kata Hillenburg saat diwawancarai The Guardian pada 2016.

"Saya sering melihat SpongeBob di truk es krim, saya juga pernah mendapatkan tiruan miniatur SpongeBob dari Meksiko. Di Mesir, mereka bahkan mengenakan jilbab bermotif SpongeBob," kisah Hillenburg.

SpongeBob digambarkan Hillenburg sebagai spons laut berwarna kuning yang ceria, pekerja keras dan senantiasa membantu orang di sekitarnya.

"Steve menciptakan SpongeBob SquarePants dengan selera humor dan kepolosan yang unik. Sifat itu membawa kebahagiaan bagi anak-anak dan keluarga di manapun," ujar Nickelodeon dalam pernyataan resmi.

Karakter ciptaanya dan dunia Bikini Bottom yang natural dan orisinil, tambah Nickelodeon, akan selalu menjadi pengingat akan nilai-nilai optimisme, persahabatan, dan kekuatan imajinasi tanpa batas.

Mengutip The Guardian, mantan pengajat biologi kelautan tersebut juga menulis, memproduksi, dan menyutradarai film SpongeBob SquarePants pada tahun 2004. Film tersebut berhasil mencetak keuntungan US$140 juta melalui penyangannya di seluruh dunia.

Awal tahun ini, ia mendapat penghargaan khusus dari Emmy atas kontribusi dan dampak yang ia berikan pada dunia animasi.

Tag : hollywood, animasi
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top