Amankah Gonta-Ganti Kosmetik atau Perawatan Kulit?

Soal kecantikan, perempuan sering kali menjajal kosmetik baru atau krim perawatan kulit. Apalagi dengan semakin banyaknya kosmetik perawatan kulit asal Korea, yaang semakin menggoda.
Asteria Desi Kartika Sari | 03 Desember 2018 17:09 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Soal kecantikan, perempuan sering kali menjajal kosmetik baru atau krim perawatan kulit. Apalagi dengan semakin banyaknya kosmetik perawatan kulit asal Korea, yaang semakin menggoda.

Ketua Studi Dermatologi Kosmetik Indonesia (KSDKI) PERDOSKI Abraham Arimuko menyarankan sebelum menjajal kosmetik tersebut sebaiknya terlalu dahulu mencoba apakah produk tersebut cocok dengan kulit. Pasalnya, ketika kulit yang dimiliki sangat sensitif, gonta-ganti kosmetik justru akan menimbulkan masalah baru

"Tesnya bisa di belakang telinga, karena bagian itu paling sensitif. Kalau di belakang telinga aman, berarti di wajah atau leher juga kemungkinan aman. Lalu kita lihat selama tiga hari apakah ada reaksi iritasi atau tidak," ujar Abraham, dikutip Senin (3/12/2018).

Dia juga mengimbau supaya kaum perempuan tidak sering gonta-ganti krim perawatan kulit. Menurut dia, hasil yang diberikan skin care dengan formula aman biasanya memang harus menunggu waktu hingga menghasilkan perubahan yang lebih baik.

Jika ada skin care yang menjanjikan perubahan instan, justru hal tersebut yang harus diwaspadai, khawatirnya produk tersebut mengandung bahan kimia berbahaya.

"Kalaupun ingin mencoba yang baru, pastikan untuk mengistirahatkan kulit dulu dua minggu dari semua produk. Hal ini untuk memastikan bahwa reaksi alergi atau kemerahan bukan berasal dari skin care sebelumnya," tambahnya.

Tag : kulit, kosmetik
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top