Sehat di Usia Tua dengan Zumba

Berolahraga merupakan rutinitas sehat yang setiap orang dapat lakukan kapan saja. Namun tentunya, menciptakan kebiasaan tersebut harus dimulai dengan mengukur kemampuan diri sendiri, di mana sesuai dengan kapasitas dan batas Anda saat ini.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 13 Desember 2018  |  13:20 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Berolahraga merupakan rutinitas sehat yang setiap orang dapat lakukan kapan saja. Namun tentunya, menciptakan kebiasaan tersebut harus dimulai dengan mengukur kemampuan diri sendiri, di mana sesuai dengan kapasitas dan batas Anda saat ini.

Akan selalu sulit pada awalnya, tetapi dengan kemauan keras dan motivasi yang tepat, siapapun dapat menjadi lebih baik - secara fisik maupun mental.

Bagi Anda yang hampir seumur hidup tidak berolahraga dan akhirnya serius untuk mengambil langkah baru menuju hidup yang aktif dan sehat, atau pernah memiliki cedera di masa lalu dan perlu melakukan olahraga ringan, atau juga bagi yang masih bersemangat tinggi dan percaya pada stamina Anda meskipun sudah memasuki usia lanjut, Zumba Gold merupakan program olahraga yang bagus untuk membuat tubuh sehat dan bugar.

Serupa dengan Zumba reguler yang sudah populer di kalangan masyarakat dunia, Zumba Gold menawarkan olahraga menyenangkan dengan pelatihan kardiovaskular, toning dan keseimbangan yang dilakukan dalam suasana seperti pesta, namun dengan tingkat intensitas yang lebih rendah untuk pemula dan lansia.

Untuk memulainya, tidak diperlukan pengalaman menari atau olahraga sama sekali dari setiap peserta. Gerakannya juga didasarkan pada gaya-gaya tarian Latin dan internasional yang menarik, mulai dari salsa, merengue, cumbia, cha-cha, tango, flamenco, tari perut, rock n 'roll, dan banyak lagi. Sementara Zumba reguler gerakannya digabungkan dengan lompatan, squat dan lunges, Zumba Gold dilengkapi dengan gerakan yang lebih sederhana dan berulang yang mudah diikuti, dimana tidak terlalu cepat dan tetap dengan format Zumba.

Menyenangkan dan efektif, Zumba Gold menawarkan latihan seluruh tubuh yang dapat membantu menurunkan berat badan dan memperlancar peredaran darah untuk lansia, yang dapat menghilangkan pusing atau bahkan membantu menurunkan kolesterol.

Joy Prouty, seorang Zumba Education Specialist, pelatih Zumba® Fitness, dan salah satu pengembang program Zumba Gold mengatakan bahwa, zumba Gold juga bisa membantu memperbaiki kondisi tulang. Selain itu, karena kami membuat setiap peserta bergerak, latihan ini menjaga, memulihkan atau meningkatkan kelenturan.

Keuntungan lainnya dapat membantu orang mendapatkan postur yang lebih baik, juga meringankan Anda dalam melakukan kegiatan sehari-hari”. ujarnya dalam siaran persnya.

Selain itu David Primo, yang juga seorang instruktur Zumba Gold Indonesia  mengungkapkan, bahwa kelas paginya yang diadakan dua kali seminggu secara regular memiliki sekitar 12 anggota lansia di usia rata-rata 50 tahun, dimana sering kali setelah kelas atau pada akhir pekan, mereka makan bersama mengikuti saran dietsehat yang diberikan oleh instruktur.

“Tujuan kelas Zumba Gold adalah agar mereka tetap sehat tetapi juga merasa terhibur dan menikmati kelas. Bagi para lansia, kelas ini merupakan kesempatan bagus untuk bersantai, bersosialisasi, dan bertemu dengan teman-teman seusianya”, ungkap DavidPrimo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
zumba dance

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top