Tips Memelihara Persahabatan di Tengah Gempuran Media Sosial

Persahabatan memiliki dampak yang sangat besar dalam kesehatan fisik dan jiwa seseorang. Akan tetapi, persahabatan juga salah satu hubungan perlu dijaga dengan berbagai upaya, sama halnya dengan pernikahan atau hubungan lainnya
Tika Anggreni Purba | 22 Desember 2018 15:45 WIB
Ilustrasi persahabatan perempuan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA— Persahabatan memiliki dampak yang sangat besar dalam kesehatan fisik dan jiwa seseorang.

Akan tetapi, persahabatan juga salah satu hubungan perlu dijaga dengan berbagai upaya, sama halnya dengan pernikahan atau hubungan lainnya.

Banyak orang dewasa yang merasa sulit mengembangkan dan mempertahankan hubungan pertemanan dan erat dan dekat. Hal ini disebabkan oleh kesibukan dan prioritas yang sudah berbeda.

Selain itu kehadiran media sosial juga tidak selamanya menolong persahabatan tetap terjaga. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa hubungan pertemanan yang terjalin di media sosial tidak lebih dekat dengan hubungan di dunia nyata yang dipelihara bersama-sama.

Nah, apa yang harus kita lakukan untuk memelihara persahabatan yang sehat?

1. Berbagi kebaikan

Kebaikan adalah perilaku dasar yang dibutuhkan dalam sebuah hubungan, baik persahabatan maupun hubungan lainnya. Jadikanlah persahabatan Anda sebagai akun bank emosional yang perlu ditabung dengan kebaikan.

Setiap ekspresi kebaikan yang Anda simpan dalam tabungan itu akan memelihara persahabatan Anda sekalipun ada konflik atau masalah di kemudian hari.

2. Belajar mendengar

Jangan hanya mementingkan diri sendiri, tetapi belajar untuk mendengarkan situasi apa yang mungkin sedang dialami oleh sahabat Anda. Pastikan agar sahabat-sahabat Anda mengetahui bahwa Anda memperhatikan dan mendengarkan ketika dia berbicara.

3. Terbuka

Keintiman dalam hubungan dapat terbangun ketika Anda dan teman Anda terbuka satu dengan lainnya. Dengan rela membuka diri secara personal terhadap sahabat Anda (maupun sebaliknya), hubungan spesial telah terjalin di situ.

4. Tunjukkan bahwa Anda bisa dipercaya

Sebagai sahabat, Anda harus belajar bertanggung jawab dan bisa diandalkan. Kunci dari persahabatan yang kuat dan erat adalah saling terlibat dalam kehidupan masing-masing untuk saling mendukung dan menopang. Apabila sahabat Anda menceritakan rahasianya pada Anda, jaga terus rahasia itu.

5.  Menyediakan waktu

Mempertahankan persahabatan memang tidak mudah, harus ada upaya lebih di dalamnya. Berikan waktu untuk bertemu dan berbicara dengan sahabat-sahabat Anda. Kalaupun tidak sempat bertemu, pastikan untuk saling menelepon atau setidaknya saling mengirimkan pesan teks.

Tag : persahabatan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top