Ini Makna dalam Gerakan Yoga

Yoga ternyata bukan hanya sekadar gerakan olahraga. Lebih dari itu, dalam setiap gerakan Yoga yang dilakukan memilili makna yang berdampak pada kesehatan tubuh.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 28 Desember 2018  |  20:54 WIB
Ini Makna dalam Gerakan Yoga
Pose yoga suryanamaskar - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA-- Yoga ternyata bukan hanya sekadar gerakan olahraga. Lebih dari itu, dalam setiap gerakan Yoga yang dilakukan memilili makna yang berdampak pada kesehatan tubuh.

Guru Yoga Deera Dewi mengatakan pada dasarnya yoga memang sebuah latihan menyeluruh yang menggabungkan olah tubuh secara fisik, latihan nafas dan konsentrasi yang tujuannya meningkatkan kesehatan fisik, mental dan emosional.

"Karena jika dilakukan secara rutin, fisik sehat, mental lebih positif dan lebih mudah untuk mengatasi stress," kata Deera kepada Bisnis dikutip, Jumat (28/12/2018).

Dia mengatakan dalam setiap gerakan yoga terdapat makna dan manfaat yang didapatkan. Seperti posisi badan menekuk ke depan akan membantu untuk memberikan peregangan di seluruh bagian tubuh, sehingga menimbulkan efek rileks.

Selain itu, pose terbalik seperti menempatkan kepada di bawah jantung seperti pose headstand, dapat memaksimalkan aliran oksigen ke otak dan seluruh tubuh.

"Tidak ada yang instan dalam latihan yoga, semua adalah proses berkesinambungan yang harus dilakukan secara rutin, yang paling signifikan adalah efek rileks yang akan terasa setelah latihan yoga atau meditasi," jelasnya.

Sementara itu Direktur Namasite Festival Anita Boentarman menambahkan saat ini yoga semakin digemari masyarakat. Gaya yoga juga semakin beragam mulai dari vinyasa, acro yoga, hattha yoga, forrest yoga, dan lainnya.

Bahkan, dia tak memungkiri bahwa yoga semakin dikenal luas berkat media sosial.Menurut dia, yoga memang memiliki beragam pose yang unik untuk dijadikan pose foto.

"Berangkat dari situ, banyak sekali milenial yang mau [latihan yoga]. Karena kalau ingin bisa posenya kan tentu harus latihan yoga," kata dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
YOGA

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top