Kesepian Bisa Merusak Kehidupan Anda

Kesepian adalah emosi manusia yang universal, kompleks, dan unik pada setiap orang. Penyebabnya tidak tunggal, tetapi dampaknya tidak begitu baik pada kehidupan seseorang. Bahkan bila dibiarkan, kesepian dapat merusak kehidupan.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 05 Februari 2019  |  11:16 WIB
Kesepian Bisa Merusak Kehidupan Anda
Ilustrasi kesepian - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kesepian adalah emosi manusia yang universal, kompleks, dan unik pada setiap orang. Penyebabnya tidak tunggal, tetapi dampaknya tidak begitu baik pada kehidupan seseorang. Bahkan bila dibiarkan, kesepian dapat merusak kehidupan.

Untuk memahami kesepian, sangat penting untuk melihat penyebabnya, gejalanya, dan penanganan apa yang diperlukan untuk masalah ini.

Kesepian merupakan keadaan pikiran yang menggambarkan seseorang mengalami kesendirian dalam dirinya. Orang yang kesepian merasa kosong, sendirian, dan tidak diinginkan. 

Mereka sering mendambakan hubungan dengan manusia, tetapi kondisi pikirannya tadi membuatnya sulit untuk menjalin hubungan dengan orang lain.

Orang yang sendirian, belum tentu kesepian. Sebaliknya, orang yang kesepian akan selalu merasa sendirian. Menurut penelitian Johh Cacioppo, seorang profesor dan pendiri Pusat Neurosains Kognitif dan Sosial di University of Chicago, kesepian terkait dengan genetik.

Faktor lain yang menyebabkan kesepian bisa juga situasional seperti isolasi fisik, pindah ke lokasi baru, dan perpisahan. Kematian seseorang yang sangat penting dalam hidup juga dapat menyebabkan kesepian.

Kondisi ini juga terkait dengan faktor internal seperti rendahnya harga diri, kurang percaya diri, dan merasa terisolasi. 

Persoalannya, kesepian itu berdampak buruk dalam banyak aspek hidup seperti menyebabkan depresi, penyakit kardiovaskular, dan stres. Kesepian juga dapat menyebabkan penurunan memori dan fokus, menciptakan perilaku antisosial, dan sebagainya.

“Gemar mengonsumsi alkohol, diet tinggi lemak, dan kurang tidur sering terjadi pada orang yang kesepian,” kata Cacioppo.

Salah satu cara untuk memerangi kesepian adalah dengan interaksi sosial yang berkualitas. Sebaiknya memiliki tiga atau empat orang teman dekat, itu sudah cukup untuk menangkal kesepian. Perlu diketahui bahwa kesepian bisa menular pada orang lain.

Mengatasi kesepian membutuhkan kesadaran dari diri sendiri untuk melakukan perubahan. Beberapa cara untuk mengatasi kesepian adalah dengan mengenali bahwa kesepian merupakan sesuatu yang perlu diubah. Kemudian, sadari bahwa kesepian merupakan kondisi yang membawa dampak buruk dalam hidup Anda. 

Setelah itu Anda dapat mencoba untuk mendapatkan teman atau bergabung dalam komunitas relawan atau kegiatan lainnya yang Anda sukai. Selain itu, fokuslah kepada pengembangan kualitas hubungan, bukan kuantitas semata.

 Apabila hal-hal tersebut tidak membantu, silakan konsultasi dengan profesional di bidangnya.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
inspirasi, psikologi

Sumber : www.verywell.com

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top