Cara Menghadapi Rasa Takut yang Membelenggu

Rasa takut adalah hal yang wajar dan normal dalam diri manusia. Akan tetapi, rasa takut yang dipelihara terus-menerus akan menghasilkan ketakutan yang dapat mengambil alih pikiran dan perasaan ini.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 26 Februari 2019  |  12:00 WIB
Cara Menghadapi Rasa Takut yang Membelenggu
Ilustrasi ketakutan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Rasa takut adalah hal yang wajar dan normal dalam diri manusia. Akan tetapi, rasa takut yang dipelihara terus-menerus akan menghasilkan ketakutan yang dapat mengambil alih pikiran dan perasaan ini.

Ketakutan dapat menghancurkan kita dengan dorongan yang membuat kita selalu membayangkan skenario terburuk akan segala sesuatu. Orang yang terbelenggu ketakutan cenderung berandai-andai “bagaimana jika.."

Ketakutan juga menimbulkan kekhawatiran yang menurunkan kualitas kehidupan kita.

Apakah Anda pernah mengalami situasi di mana Anda selalu terkejut dengan dering telepon tengah malam, dan membayangkan bahwa situasi
buruk telah terjadi? Atau Anda sering memikirkan kemungkinan buruk saat orang-orang yang Anda kasihi pergi ke suatu tempat?

Ya, ketakutan memang termanifestasikan melalui cara yang berbeda-beda. Banyak orang yang merasa takut dengan peristiwa yang tragis, pada akhirnya berakhir dengan penggunaan obat-obat penenang, bahkan bunuh diri. Ketakutan itu dapat mengubah hidup seseorang menjadi sangat dramatis.

Salah satu cara untuk menghancurkan ketakutan adalah dengan hidup untuk hari ini. Lingkaran setan ketakutan hanya bisa diputuskan
apabila Anda memutuskan untuk menjadi kehidupan dengan maksimal pada masa kini, bukannya memikirkan peristiwa yang mungkin terjadi di masa mendatang.

Inilah cara termudah untuk bisa lepas dari rasa takut. Ingatlah bahwa masa lalu telah berlalu dan selesai dan masa depan belum terjadi,
sehingga Anda tidak perlu takut akan hal itu. Isilah kehidupan Anda di masa kini untuk melakukan hal-hal yang berdampak pada kesehatan mental Anda seperti meditasi, berdoa, berkebun, melukis, berinteraksi dengan anak-anak, dan menjadi relawan.

Apabila Anda dikuasai oleh rasa takut, ingatkan diri Anda denganslogan berikut ini “One day at a time”.

Hiduplah hanya untuk masa kini. Hal ini akan akan menolong Anda untuk meringankan ketakutan dankekhawatiran. Selamat hidup untuk hari ini!

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
inspirasi

Sumber : Psychologytoday.com

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top