Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Sukses Wawancara Kerja Secara Online

Seiring perkembangan zaman, proses rekrutmen perusahaan semakin modern. Kalau dulu hanya dibenarkan melakukan wawancara tatap muka dan proses ujian langsung, kini telah banyak perekrut yang menggunakan sistem wawancara online via platform video call yang kini telah banyak dikembangkan.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 07 Maret 2019  |  12:53 WIB
Skype For Business - Wearepcr
Skype For Business - Wearepcr

Bisnis.com, JAKARTA - Seiring perkembangan zaman, proses rekrutmen perusahaan semakin modern. Kalau dulu hanya dibenarkan melakukan wawancara tatap muka dan proses ujian langsung, kini telah banyak perekrut yang menggunakan sistem wawancara online via platform video call yang kini telah banyak dikembangkan.

Dalam wawancara kerja online, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Menurut laporan dari Pennsylvania State University bertajuk Interview Etiquette, Michael Tews dan kawan-kawan menemukan bahwa etiket dalam interview online juga menentukan hasil wawancara kerja tersebut.

Apalagi biasanya wawancara kerja via Skype, misalnya, hanya membutuhkan waktu sebentar saja. Oleh karena itu, calon pekerja sebaiknya memahami tips dan trik sukses wawancara kerja online.

1. Kirim kembali CV dan file yang diminta oleh perusahaan

Kirimkan file yang diminta oleh perusahaan sebagai kelengkapan untuk wawancara kerja. Sebaiknya Anda menggunakan format PDF agar resume Anda kelihatan lebih bersih dan rapi. Kirimkan berkas tersebut mendekati jadwal wawancara.

2. Lakukan wawancara kerja di lokasi yang bisa Anda kontrol

Pastikan bahwa Anda memiliki koneksi internet yang baik. Jangan melakukan wawancara di tempat yang berisik dan gelap. Banyak orang yang gagal wawancara online karena jalannya wawancara terganggu oleh masalah teknis dan suara-suara bising.

3.  Berpakaian rapi

Sekalipun yang akan terlihat hanyalah beberapa bagian dari tubuh anda, sebaiknya pastikan untuk berpakaian rapi yang menunjukkan bahwa Anda profesional. Bahkan jika perlu, Anda bisa menggunakan seluruh pakaian hingga sepatu yang tepat untuk interview seperti biasanya. Hal ini menunjukkan bahwa Anda serius dalam mengikuti interview tersebut.

4. Sesuaikan webcam sehingga tatapan Anda lurus pada lensa kamera

Menggunakan kamera laptop biasanya jauh lebih baik ketimbang smart phone. Tetapi, apabila Anda tidak memiliki alternatif lain selain ponsel, pastikan untuk melihat langsung ke kamera, bukan pada gambar Anda di layar.

5. Matikan notifikasi teks dan telepon

Jangan sampai wawancara online terganggu dengan notifikasi aplikasi atau telepon. Hal ini biasanya dapat membuat Anda terdistraksi saat wawancara berlangsung.

6.  Sesuaikan kecepatan berbicara

Pastikan untuk menjawab pertanyaan ketika pertanyaan sudah selesai diungkapkan oleh pewawancara. Jangan menginterupsi pembicaraan saat pewawancara sedang berbicara. Pikirkan jawaban yang singkat, padat, dan tepat. Jangan memberikan jawaban yang bertele-tele.

7. Follow up dengan e-mail

Setelah wawancara online selesai, secara profesional Anda bisa mengirimkan kalimat ucapan terima kasih kepada perekrut melalui e-mail.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wawancara pencari kerja

Sumber : Life Hack

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top