Wonderfest, Wadah Bermain Tumbuh Kembang Anak

Mengalihkan perhatian anak dari gadget bisa dilakukan dengan cara mengajaknya bermain. Salah satu tempat bermain yang bisa menjadi pilihan Anda dan keluarga adalah Wonderfest.
Eva Rianti | 10 April 2019 23:38 WIB
Konferensi pers Wonderfest di Jakarta, Rabu (10/4/2019) - Bisnis/Eva Rianti

Bisnis.com, JAKARTA – Pada era teknologi ini, salah satu tantangan terbesar bagi orang tua modern perihal mengoptimalkan tumbuh kembang anak adalah penggunaan gadget dan internet sejak dini.

Data Survei Consumer & Media View (CMV) pada kuartal kedua 2016 yang dilakukan Nielsen menemukan bahwa jumlah durasi rata-rata anak-anak di Indonesia menggunakan internet adalah 2 jam 29 menit.

Oleh sebab itu, diperlukan adanya suatu inspirasi aktivitas yang bisa mengoptimalkan berbagai aspek kebutuhan tumbuh kembang anak.

Jika Anda adalah orang tua yang menyadari hal tersebut, mengajak anak Anda untuk bermain di suatu festival bisa menjadi pilihan yang tepat.

Salah satu festival yang bisa Anda kunjungi adalah Wonderfest 2019, sebuah festival anak dan keluarga terbesar di Indonesia yang menawarkan pengalaman bermain interaktif dan edukatif.

Desy Bachir, Co-Chairman Wonderfest mengungkapkan bahwa festival yang berlangsung pada 20—23 Juni 2019 di Jakarta Convention Center Jakarta ini mampu menyajikan pengalaman bermain yang bisa mendukung lima aspek tumbuh kembang anak, yakni aspek fisik, kognitif, emosi, bahasa dan sosial.

“Wonderfest diharapkan dapat menjadi salah satu solusi yang bisa mendukung lima aspek tumbuh kembang anak yang optimal serta momen kedekatan (bonding) istimewa bagi seluruh anggota keluarga,” tuturnya dalam acara konferensi pers Wonderfest di Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Dia menjelaskan, permainan yang mendorong lima aspek tumbuh kembang anak diaplikasikan melalui berbagai zona, yaitu creative zone, science zone, active zone, dan play zone.

Creative zone adalah zona bagi anak-anak untuk ditantang kreativitas dan mengeksplor imajinasinya, seperti belajar menggambar dan membuat DIY (do it your self).

Untuk si pencinta sains, tersedia zona science zone untuk anak-anak yang ingin mencoba hal baru sambil belajar, seperti science experiments, mengasah kemampuan logika, sampai bermain dengan teknologi interaktif. 

Ada juga active zone untuk anak-anak yang ingin melatih kemampuan fisik sekaligus motoriknya, seperti bermain trampolin, wall climbing, sampai bermain mini soccer/mini golf

Tersedia pula play zone, yaitu zona untuk anak-anak yang suka bermain sambil belajar, seperti mandi bola dan ayunan. 

Dalam kesempatan yang sama, Psikolog Anak & Keluarga Anna Surti Ariani menekankan bahwa bermain memang merupakan salah satu aspek penting dalam tumbuh kembang anak.

“Bermain kan seru. Sebenarnya otak kita yang memproses emosi akan bekerja lebih optimal. Dan itu bisa mengoptimalkan lima aspek tumbuh kembang anak,” katanya.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
anak, parenting

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup