Berlomba Mengejar Tren Kecantikan Natural

Industri kosmetik Indonesia agaknya sangat terbuka terhadap tren kecantikan dunia. Tahun 2019, tren kecantikan dunia mengacu pada natural look atau tampilan natural.
Tika Anggreni Purba | 11 April 2019 11:16 WIB
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Industri kosmetik Indonesia agaknya sangat terbuka terhadap tren kecantikan dunia. Tahun 2019, tren kecantikan dunia mengacu pada natural look atau tampilan natural.

Grup Shiseido Cosmetics asal Jepang misalnya, dengan merek Senka menjajal pasar produk perawatan kulit Indonesia sejak 2019. Kehadiran produk ini secara terang-terangan menawarkan perawatan kulit ala Jepang yang terkenal dengan suppin.

Kulit suppin merupakan konsep kecantikan Jepang yang alami dan natural. Suppin atau bare skin (tanpa mekap) menjadi idaman banyak orang yang lebih menginginkan kulit sehat.

Presiden direktur PT Shiseido Cosmetics Indonesia Jun Kinumaki mengatakan bahwa dengan pengalaman panjang perusahaan dalam dunia kosmetik menjadikan Senka percaya diir membawa inovasi produk perawatan kulit ke Indonesia.

“Sejak 2002 Senka telah hadir di Jepang dan menjadi produk pembersih dan perawatan kulit nomor 1 di Jepang,” ujarnya.

Konsep suppin diyakini sebagai aspek utama filosofi perawatan kulit Jepang yang menawarkan kulit sehat.

Saat banyak produk perawatan wajah yang memilih konsep pemutih, pencerah, dan sebagainya, Senka fokus dalam perawatan kesehatan kulit. Kinumaki yakin bahwa konsep suppin yang ditawarkan Senka akan cukup kompetitif di pasar Indonesia.

Tidak hanya inovasi perawatan wajah demi kulit wajah natural, produk kosmetik juga merujuk pada tren natural. Hal ini seolah menantang para pengusaha kosmetik untuk menghasilkan produk mekap yang berstandar tinggi dengan formula yang baik untuk tampilan natural.

“Tren dunia saat ini justru sedang mengarah ke sana (tampilan natural),” ujar Vice Chairwoman Martha Tilaar Group Wulan Tilaar.

Hal ini terkait dengan keinginan para perempuan untuk menampilkan dirinya apa adanya tanpa harus ada yang ditutupi, terlepas perempuan merias wajahnya atau tidak.

Menurut Wulan untuk mendapatkan tampilan natural, pelembab merupakan hal mendasar yang sebaiknya diaplikasikan di kulit wajah. Apalagi, untuk perempuan di daerah tropis, sebaiknya menggunakan pelembab yang mengandung bahan proteksi dari sinar UV. Baru setelah itu dapat menggunakan bedak tabur.

Pada umumnya bedak tabur lebih menampilkan kesan natural ketimbang bedak padat.

“Untuk melengkapi natural looks, silakan menggunakan warna-warna natural untuk eyeshadow dan lipstick,” katanya.

Penata rias internasional Natacha Maillard bekerja sama dengan Vie Cosmetic dalam mewujudkan tampilan natural pada wajah orang Asia. Vie Cosmetic merupakan merek kosmetik asal Thailand yang akan hadir di Indonesia di kuartal ketiga tahun ini.

Maillard merupakan penata rias yang terkenal piawai dalam menciptakan riasan wajah yang menjadi tren global. Kali ini dalam kerja samanya dengan Vie Cosmetic, Maillard juga fokus terhadap mekap natural. Walau produk kosmetik cenderung melekat dengan image glamor dan elegan, justru kehadiran kosmetik dengan warna natural mendukung tren wajah natural yang tengah naik daun.

“Perempuan saat ini ingin terlihat lebih natural seperti yang mereka lihat di media internasional,” kata Maillard.

Dia merekomendasikan riasan glowing dan glamor, tetapi tetap menonjolkan kulit yang sehat.

 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kosmetik, gaya hidup, tren kecantikan

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup