Jam Berapa Biasanya Orang-orang Sukses Pergi Tidur?

Tidur yang cukup adalah salah satu cara untuk menjaga produktivitas kinerja otak tetap optimal. Namun apakah orang-orang sukses dan sibuk, seperti Elon Musk, Barack Obama, dan Oprah Winfrey menjalankan rekomendasi tidur selama 8 jam sehari?
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 12 April 2019  |  10:25 WIB
Jam Berapa Biasanya Orang-orang Sukses Pergi Tidur?
Pendiri SpaceX Elon Musk. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA--Tidur yang cukup adalah salah satu cara untuk menjaga produktivitas kinerja otak tetap optimal. Namun apakah orang-orang sukses dan sibuk, seperti Elon Musk, Barack Obama, dan Oprah Winfrey menjalankan rekomendasi tidur selama 8 jam sehari?

Nah, berikut ini cara enam orang sukses mendekati waktu tidur mereka seperti dikutip dari CNBC, Jumat (12/4/2019):

1. Elon Musk

CEO Tesla Elon Musk mengungkapkan dirinya memiliki jam tidur yang lumayan cukup setiap harinya. Meski tak seperti yang direkomendasikan 8 jam per hari.

"Saya benar-benar mengukur ini (jam tidur) dengan ponsel saya," tulis Musk dalam Reddit AMA pada 2015 ketika dia ditanya berapa banyak tidur yang ia dapatkan per malam. "Hampir tepat enam jam rata-rata," sambung Musk.

Musk diketahui selalu bangun secara rutin pada pukul 07.00 pagi untuk mengerjakan email-email penting. Itu berarti kemungkinan dia pergi tidur pada pukul 01.00 pagi.

2. Barack Obama

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dikenal sering begadang hingga larut malam. Sebuah artikel New York Times pada 2016 menuliskan bahwa selama menjabat di Gedung Putih, Obama akan mengirim email hingga larut malam, sering di atas jam 01.00 pagi.

Dia biasanya akan makan malam dengan istri dan anaknya pada pukul 06.30 malam dan kemudian lanjut menghabiskan waktu sendirian di kantor pribadinya selama 4-5 jam.

“Saya mungkin akan membaca dokumen pengarahan atau mengerjakan tugas atau menulis sampai sekitar jam 11.30 malam, dan kemudian saya biasanya memiliki sekitar setengah jam untuk membaca sebelum tidur, sekitar tengah malam, jam 12.30 pagi, kadang-kadang sedikit lebih, " ungkap Obama kepada Jon Meacham, Pemimpin Redaksi Newsweek, pada 2009.

3. Oprah Winfrey

Sementara itu, di tengah kesibukannya sebagai aktris, producer, dan pembawa acara, Oprah Winfrey masih dapat mematuhi jadwal tidur yang sehat.

Winfrey mengatakan kepada Hollywood Reporter pada 2017 bahwa dia biasanya pergi tidur pada pukul 10.00 malam dan bangun secara alami sekitar pukul 06.00 pagi.

"Saya biasanya naik ke tempat tidur dan saya punya banyak jurnal di samping tempat tidur saya," kata Winfrey kepada Hollywood Reporter. "Hal terakhir yang saya lakukan sebelum tidur adalah menulis lima hal yang memberi saya kesenangan besar atau yang saya syukuri."

4. Richard Branson

CEO dan Pendiri Virgin Group Richard Branson mungkin dikenal suka berpetualang. Namun dia memiliki rutinitas jinak di malam hari, serta waktu tidur yang wajar.

Pada Desember, miliarder itu mengungkapkan dalam sebuah posting blog bahwa setelah makan malam, ia suka menyendiri ke tempat yang tenang dengan teh untuk media sosial dan email.

"Jika saya punya waktu luang, saya akan membaca sedikit atau mungkin menonton film dokumenter, untuk membantu saya bersantai dan menempatkan saya dalam kerangka berpikir yang baik untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak," tulis Branson.

“Lalu berada tempat tidur dan lampu dimatikan sekitar pukul 11.00 malam. Saya biasanya butuh 5-6 jam tidur untuk mendapatkan hasil maksimal dari hari-hari saya.”

5. Sallie Krawcheck

Salah satu pendiri dan CEO Ellevest Sallie Krawcheck sebelumnya mengungkapkan bahwa ia pergi tidur lebih awal sehingga ia dapat bangun sebelum fajar menyingsing, yang menurutnya adalah waktu terbaik untuk menyelesaikan pekerjaan.

”Ini berarti saya harus tidur lebih awal, tetapi saya sudah lama menyadari bahwa saya kehabisan energi sekitar pukul 08.00 malam, setiap harinya,” tulis Krawcheck pada 2014 di LinkedIn.

"Pekerjaan apa pun yang saya coba lakukan setelah (jam) itu tidak sesuai dengan standar saya, jadi saya memberi diri saya istirahat saat itu. Saya menggunakan waktu itu untuk bersama anak-anak saya, untuk bersosialisasi, lalu tidur sehingga saya bisa mulai (bekerja) lagi pada jam 04.00 pagi."

6. Arianna Huffington

Media maestro Arianna Huffington memprioritaskan waktu tidurnya.

“Hampir setiap malam saya berada di tempat tidur pada pukul 11.00 malam, dan tujuan saya, seperti dalam bercandaan di keluarga saya, adalah selalu berada di tempat tidur untuk mengejar 'kereta tengah malam,'” kata Huffington.

Dia mulai mengambil waktu tidur yang cukup secara serius setelah ia pingsan di mejanya pada 2007 karena kurang tidur dan kelelahan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tidur

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top