Hari Buku Sedunia, Ini 5 Penulis Indonesia yang Karyanya Jadi Trending Media Sosial

Menyambut hari buku sedunia tahun ini, Bisnis.com menampilkan penulis-penulis yang memanfaatkan media sosial untuk jaringan pemasaran bukunya hingga viral.
Oliv Grenisia
Oliv Grenisia - Bisnis.com 23 April 2019  |  12:16 WIB
Hari Buku Sedunia, Ini 5 Penulis Indonesia yang Karyanya Jadi Trending Media Sosial
Warga membaca buku yang dipinjam dari mobil perpustakaan keliling di Alun-alun Kudus, Jawa Tengah, Minggu (10/2/2019). Perpustakaan keliling yang difasilitasi Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kudus itu guna meningkatkan minat membaca masyarakat. - ANTARA/Yusuf Nugroho

Bisnis.com, JAKARTA -- Peringatan hari buku dunia dilakukan setiap 23 April. Nah, perkembangan media sosial saat ini membuat para penulis memiliki jaringan lebih luas untuk menjajakan karyanya. Kira-kira penulis mana yang menurutmu paling favorit di media sosial?

Peringatan Hari Buku Sedunia yang ditetapkan Unesco ini bertujuan untuk promosi membaca, penerbitan, dan hak cipta. Hari Buku Sedunia pertama kali diperingati di Indonesia pada 2006.

Kali ini Bisnis.com akan mengulas 5 sosok penulis yang bukunya juga viral di dunia maya nih, siapa saja? Disimak ya.

1.Marchella FP

Buku Marchella yang berjudul ‘Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini’ atau yang biasa disingkat NKTCHI merupakan karya ketiganya setelah buku ‘Generasi 90an’ dan ‘Generasi 90an: Anak kemaren Sore’.

Sebelum buku ini terbit, Marchella sudah membuat akun instagram yang diberi nama @nktchi, tepatnya pada Februari 2018.

Postingan instagramnya berisi gambar, ilustrasi yang unik, dan kutipan motivasi tentang kehidupan. Ternyata, postingan di Instagram itu adalah bagian dari buku NKTCHI.

Alhasil, ketika buku NKTCHI diluncurkan, jumlah peminat pre-ordernya langsung membludak. Pre-order tahap pertama langsung ludes 500 eksemplar dalam dua menit.

Saat ini, pengikut akun Instagram NKTCHI itu sudah mencapai 1,1 juta di Instagram.

2.Fiersa Besari

Penulis yang sering disapa ‘Bung’ ini memiliki pengikut fanatik di media sosial seperti, twitter dan instagram. Akun @FiersaBesari sudah memiliki 1,47 juta pengikut di Twitter dan 1,5 juta pengikut di Instagram.

Lewat media sosial, dia mempromosikan buku teranyarnya berjudul ’11:11’ pada November 2018. Buku ini berisikan 11 cerita dan 11 lagu.

Banyak pembaca yang mengaku terbawa perasaan alias baper ketika membaca bukunya. Simak salah satu kutipan dalam buku ’11:11’ berikut ini

“Kini aku yakin bahwa harapan, sekecil apa pun, dapat menuntun seseorang yang dikukung kegelapan untuk melihat secercah cahaya”

Sebelumnya, Bung juga sudah meluncurkan buku ‘Garis Waktu’, ‘Konspirasi Alam Semesta’, ‘Catatan Juang’, dan ‘Arah Langkah’.

3. Gia Pratama

Gia Pratama tenar di media sosial setelah thread kisah asamranya menjadi viral. Dia menceritakan lewat thread itu kisah unik berkenalan dengan seorang perempuan yang menjadi istrinya kini.

Dengan tagar #berhentidikamu yang sempat beberapa kali trending topik di twitter Indonesia, buku yang diberi judul #BERHENTIDIKAMU pun rilis pada Desember 2018.

Selain menceritakan perjalanannya hingga bertemu dengan sang istri, dalam buku itu juga disisipkan cerita profesinya sebagai dokter.

Buku ini pun laku terjual hingga 3.027 eksemplar dalam masa pre oder selama 9 hari.

Saat ini, dia sedang menulis untuk buku keduanya yang diberi tagar #PERIKARDIA. Siapa yang tak sabar dengan karya selanjutnya?


4. Icha Irawan

Icha Irawan kerap membagikan berbagai macam resep makanan melalui akun instagramnya @icha.irawan. Sampai saat ini, dia sudah memiliki 172.000 pengikut.

Hobinya itu membuat dia menerbitkan buku Cooking with Love ala DapurMomychaa pada awal tahun ini.

Buku ini terdiri dari 5 kategori aneka resep, yakni jajanan kaki lima, masakan rumah, masakan Padang, menu buka puasa, dan aneka sambal.

Dalam kurun waktu 2 bulan, buku berlogo Mega Best Seller ini pun laris terjual sebanyak 10.000 eksemplar lho.

5. Pidi Baiq

Siapa yang tak kenal dengan Dilan, sosok fenomenal di Indonesia yang dikisahkan oleh Pidi Baiq.

Novel karya Pidi Baiq berjudul Dilan : Dia Dilanku Tahun 1990 sudah lebih dulu diterbitkan pada 2014. Namun, Dilan langsung menjadi viral setelah diangkat ke layar lebar.

Dari segi kelarisan, Buku Dilan karya Pidi Baiq ini memiliki jumlah cetak ulang yang lebih besar ketimbang buku lainnya. Rata-rata buku-buku lainnya dicetak sebanyak 3.000 eksemplar, tetapi Dilan bisa dicetak hingga 10.000 eksemplar. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
buku, baca

Editor : Surya Rianto
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top