Malas Olahraga? Jalan Kaki Bisa Jadi Alternatif Turunkan Berat Badan

Berjalan kaki bisa menjadi alternatif olahraga berat untuk menurunkan berat badan secara efektif.
Malas Olahraga? Jalan Kaki Bisa Jadi Alternatif Turunkan Berat Badan JIBI | 28 April 2019 12:38 WIB
Malas Olahraga? Jalan Kaki Bisa Jadi Alternatif Turunkan Berat Badan
Ilustrasi aktivitas berjalan kaki. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Tak perlu berolahraga terlalu berat atau memaksa diri untuk berdiet dengan ketat untuk menurunkan berat badan. Cukup dengan berjalan kaki, Anda juga bisa memangkas berat badan.

Dilansir dari Tempo, Minggu (28/4/2019), berjalan kaki ternyata juga bisa membakar lemak di tubuh. Namun, tetap ada trik yang harus dilakukan agar aktivitas berjalan kaki yang dilakukan mampu menurunkan berat badan dengan efektif.

Berikut adalah beberapa trik menurunkan berat badan dengan berjalan kaki seperti dilaporkan timesofindia:

1. Berjalan kaki 15.000 langkah setiap hari
Berjalan kaki 15.000 langkah per hari memang terdengar sulit pada awalnya, tetapi bukan tak mungkin dilakukan. Apalagi, setelah terbiasa. Rajin berjalan kaki pun tidak akan membuat otot Anda sakit. 

2. Berjalan 3 kali sehari selama 20 menit
Mirip dengan pola makan dalam sehari, Anda disarankan untuk berjalan kaki selama 20 menit sehari dan bukan dengan menghitung berapa jauh Anda melangkah. Berjalan kaki selama 15-20 menit setelah makan pun dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dengan lebih baik dibandingkan berjalan kaki selama 45 menit dalam sehari.

3. Minum teh hijau sebelum berjalan
Adalah sebuah pengetahuan umum bahwa metabolisme yang tinggi dapat membakar lemak dengan lebih cepat. Hal ini bisa dicapai dengan lebih baik dengan mengonsumsi teh hijau. Kandungan di dalam teh hijau bisa menginduksi lemak dengan mempromosikan thermogenesis dan meningkatkan oksidasi lemak.

4. Mengonsumsi air dengan jumlah yang tepat
Menurut penelitian, mengkonsumsi lebih banyak air mampu mempercepat laju penurunan berat badan. Mengonsumsi 1,5 liter air per hari bisa membakar 17.400 kalori dalam setahun.

5. Variasikan kecepatan dan ambil 1 menit interval untuk istirahat
Ketika berjalan kaki, ada baiknya memperhitungkan kecepatan dan variasi berjalan. Studi menunjukkan adanya perubahan dalam aktivitas berjalan kaki dapat meningkatkan pembakaran kalori sebesar 20 persen. Mengambil interval 1 menit dalam rutinitas berjalan juga akan membantu membakar kalori lebih banyak.

6. Dengarkan musik
Musik memang ajaib karena memiliki efek yang dapat menenangkan pikiran dan mengubah suasana hati. Jadi, jangan lupakan musik untuk menemani Anda ketika berjalan kaki. Buatlah playlist yang dapat menyemangati aktivitas ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kesehatan, olahraga

Sumber : Tempo

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top