5 Fakta dan Manfaat dari Pelukan

Pelukan merupakan salah satu sentuhan kasih sayang yang paling hangat.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 02 Mei 2019  |  11:43 WIB
5 Fakta dan Manfaat dari Pelukan
Berpelukan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pelukan merupakan salah satu sentuhan kasih sayang yang paling hangat. Berpelukan tidak hanya memberikan kehangatan terhadap yang dipeluk, tetapi juga kepada yang memeluk.

Berikut ini beberapa fakta dan manfaat dari pelukan yang perlu kita ketahui:

1. Rata-rata pelukan dilakukan 3,17 detik

 Sebuah studi di University of Dundee Inggris menganalisis 188 pelukan spontan yang dilakukan oleh atlet, pelatih, pesaing, dan pendukung mereka selama Olimpiade Musim Panas 2008. Hasilnya, rata-rata mereka berpelukan selama 3,17 detik terlepas dari jenis kelamin, maupun kebangsaan.

2. Manusia telah berpelukan sejak ribuan tahun lalu

 Tidak ada yang tahu persis kapan pelukan pertama terjadi, tetapi yang pasti pelukan sudah masuk dalam daftar perilaku manusia ribuan tahun lamanya. Sepasang kerangka manusia yang ditemukan di Italia (The Lovers of Valdaro) ternyata dikuburkan saat keduanya saling berpelukan erat. Diperkirakan kerangka ini telah berusia 6.000 tahun.

3. Kebanyakan orang berpelukan ke arah kanan

Saat kita memeluk orang lain, mereka akan balik memeluk kita. Pada umumnya orang akan memeluk dimulai dari tangan kanannya atau ke arah kanan. Dalam situasi emosional yang netral, 92% orang berpelukan ke arah kanan. Namun, dalam situasi yang lebih emosional ada kecenderungan orang berpelukan ke arah kiri.

4. Pelukan mengurangi tingkat stres

 Berpelukan biasanya dapat mengurangi stres. Sebuah studi dari University of North Carolina Amerika Serikat menemukan bahwa berpelukan sebelum menghadapi peristiwa stres dapat mengurangi efek negatif stres pada tubuh.

5. Hewan juga berpelukan

Kebanyakan hewan juga melakukan pelukan untuk mengkomunikasikan makna sosial dan emosional. Studi oleh para peneliti dari Florida International University Amerika Serikat menyelidiki pelukan pada monyet di hutan Kolombia dan Panama.

Peneliti menemukan bahwa monyet itu tidak memiliki dua jenis pelukan yakni pelukan tubuh dan pelukan wajah. Pelukan tubuh menyerupai pelukan khas pada manusia di mana monyet melilit tangan mereka satu sama lain dan menempatkan kepala mereka di bahu monyet lainnya.

Pelukan wajah tidak melibatkan lengan tetapi berpelukan dengan wajah mereka hanya dengan menggosok pipi mereka satu sama lain.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kesehatan, psikologi, stres

Sumber : Psychologytoday.com

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top