Berani Keluar dari Zona Nyaman? Ini Untungnya Buat Karier dan Hidup Anda

Saat berada dalam zona nyaman, Anda sulit berkembang. Pada umumnya zona nyaman membawa seseorang dalam konsisi netral dan membatasi diri melakukan sesuatu yang lebih dari batas yang dibuatnya.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 22 Mei 2019  |  18:57 WIB
Berani Keluar dari Zona Nyaman? Ini Untungnya Buat Karier dan Hidup Anda
Ilustrasi - Professionaljourney

Bisnis.com, JAKARTA--Saat berada dalam zona nyaman, Anda sulit berkembang. Pada umumnya zona nyaman membawa seseorang dalam konsisi netral dan membatasi diri melakukan sesuatu yang lebih dari batas yang dibuatnya.

Saat seseorang terjebak dalam zona nyaman, dia merasa tidak perlu melakukan hal yang lebih besar dari yang telah dilakukannya saat itu. Pada akhirnya pembelajaran dan perkembangan diri tidak terjadi karena Anda menolak untuk menantang diri sendiri.

Untuk menantang diri dan meningkatkan kualitas diri, Anda perlu keluar dari zona nyaman. Keluar dari zona nyaman akan mengubah hidup Anda. Apa saja yang terjadi ketika kita berani melangkah keluar dari zona nyaman? Berikut penjelasannya dikutip Life Hack:

1. Anda akan takut

Meninggalkan zona nyaman tidak selalu mudah, bahkan terkadang sangat menakutkan. Tetapi tidak apa-apa, sangat normal merasa sedikit gentar ketika Anda mencoba hal yang baru. Akan tetapi jangan membiarkan rasa takut menahan Anda untuk melangkah.

2.  Anda mungkin akan gagal

Keluar dari zona nyaman berarti pindah ketidakpastian. Anda mungkin mencoba hal-hal yang belum pernah Anda coba sebelumnya, dan mempelajari hal baru. Dalam proses ini Anda mungkin akan mengalami kegagalan dan kegagalan itu mesti dihadapi.

3.  Anda akan belajar

Kegagalan adalah guru terbaik yang mengajari Anda wawasan dan keterampilan yang baru. Pengetahuan dan keterampilan yang baru itu jika diterapkan dengan benar, akan membuahkan hasil.

4.  Perspektif baru

Setelah keluar dari zona nyaman, Anda akan membuktikan pada diri sendiri bahwa Anda mampu mencapai lebih dari yang Anda pikirkan. Hal ini akan mengubah perspektif Anda menjadi lebih percaya diri.

5. Dinilai orang lain

Orang lain akan menilai pencapaian Anda yang baru. Anda dapat membuktikan kepada orang lain bahwa Anda lebih baik dari yang selama ini mereka pikirkan.

6.  Zona nyaman baru akan terbentuk

Zona baru yang Anda coba akan menjadi zona nyaman juga pada akhirnya. Hal ini membuktikan bahwa zona nyaman adalah sesuaatu yang fleksibel dan bisa berkembang. Hal ini baik, karena berarti Anda bisa terus memperbaiki perilaku yang membuat Anda nyaman.

7. Makin fokus

Saat Anda berani keluar dari zona nyaman, maka Anda yang tadinya bergantung kepada kebiasaan menjadi lebih fokus terhadap tindakan baru.

8. Mengembangkan keterampilan baru

Keluar dari zona nyaman akan memaksa Anda untuk mengembangkan keterampilan dan keahlian baru. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi.

9. Pencapaian yang lebih tinggi

Dengan melalui semua proses di atas, Anda akan secara natural mencapai prestasi yang lebih besar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Tips Karir

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup