Begini Cara Para Chef Berkontribusi di Daerah Bencana

Para relawan yang membantu proses evakuasi korban bencana hingga pemulihan sarana dan infrastruktur tentunya membutuhkan asupan gizi yang lebih baik.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 30 Mei 2019  |  17:39 WIB
Begini Cara Para Chef Berkontribusi di Daerah Bencana
Logo ICA - facebook

Bisnis.com, JAKARTA-- Para relawan yang membantu proses evakuasi korban bencana hingga pemulihan sarana dan infrastruktur tentunya membutuhkan asupan gizi yang lebih baik.

Shanty Dewi Nurhayani, anggota Indonesian Chef Association (ICA) mengatakan meskipun asupan gizi dari makanan sangat penting bagi para relawan, kerap kali aspek tersebut terabaikan.

“Ketika berada di daerah bencana, memang makanan yang tersedia untuk relawan kondisinya ala kadarnya, yang penting ada. Ini yang kurang baik karena bisa berdampak pada kesehatan para relawan maupun masyarakat korban bencana yang sangat memerlukan makanan bergizi,” jelas Dewi, Kamis (30/5/2019).

Untuk itu anggota ICA, yang bernaung di bawah Kementerian Pariwisata, kerap terjun ke lokasi bencana untuk membantu baik pemerintah, organisasi sosial maupun swasta mengelola dapur umum.

“Kami memberikan saran panduan menu yang cocok untuk daerah tersebut sesuai dengan selera lokal dengan kandungan gizi yang baik, cara pengolahan dan peralatan yang diperlukan untuk memasak dalam jumlah besar hingga ke manajemen higienitas dapur umum, agar kebersihan dan kesehatan selalu terjaga dari bahan baku hingga makanan jadi,” jelasnya.

Dewi memaparkan, salah satu pihak yang kerap bekerja sama dengannya selaku anggota ICA adalah Tim Reaksi Cepat PLN.

Aspek nutrisi pun wajib terpenuhi di setiap sajian TRC PLN. Dalam sepaket nasi bungkus atau nasi kotak TRC PLN, wajib terdiri dari 3 unsur karbohidrat, sayuran dan protein.

“Jadi dalam satu paket sajian TRC PLN harus ada nasi, sayur, ayam atau daging dan tahu atau tempe. Wajib itu, agar kebutuhan nutrisi korban bencana dan tenaga relawan terpenuhi,” ujar Dewi.

Ke depannya Dewi menyarankan agar TRC PLN menyiapkan food truck untuk menampung alat masak yang akan digunakan di dapur umum. Peralatan masak yang dibutuhkan untuk membuat ribuan porsi makanan, ujarnya, tidak sama dengan proses memasak seperti yang biasa dilakukan.

Mencari bahan dan peralatan memasaknya pun cukup sulit. Karena itu alangkah baiknya jika terdapat sejumlah titik di Indonesia untuk penyimpanan food truck TRC PLN, agar semakin cepat merespons bencana.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bencana alam, chef

Editor : Saeno
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top