Jelajah Lebaran Jawa Bali 2019: Ulasan Penyelia Hiburan Saat Mudik

Mudik dapat menjadi hal yang menyebalkan dan melelahkan baik bagi pengendara maupun penumpang mobil. Maka dari itu, fitur hiburan dalam gawai menjadi krusial saat mudik.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali | 03 Juni 2019 02:18 WIB
Kendaraan pemudik dari arah Jakarta antre saat akan memasuki Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (30/5/2019). - ANTARA/Aji Styawan

Bisnis.com, SITUBONDO – Mudik dapat menjadi hal yang menyebalkan dan melelahkan baik bagi pengendara maupun penumpang mobil. Maka dari itu, fitur hiburan dalam gawai menjadi krusial saat mudik.

Selama perjalanan Jelajah Lebaran Jawa Bali 2019 hingga Situbondo, anggota Tim Jelajah Lebaran mengulas beberapa aplikasi dan penyelia layanan seluler dalam menyediakan hiburan saat mudik. 

Spotify

Aplikasi musik berselancar yang sudah melakukan penawaran publik perdana (Initial Public Offering/IPO) tersebut terbilang andal menemani pengendara dalam setiap waktu. Aplikasi ini bahkan dapat terus berjalan ketika sinyal penyelia rendah.

Daftar musik yang disajikan pun cukup lengkap dengan berbagai jenis daftar seperti berdasarkan tahun musik keluar, tempo, dan genre. Namun demikian, pemudik disarankan untuk membeli akun premium agar tidak terusik dengan iklan yang cukup menganggu dan memecah konsentrasi 

MaxStream

Aplikasi menonton video tersebut cukup menghibur dan mengikat seluruh penumpang kendaraan. Akan tetapi, daftar film yang tersedia tidak terlalau anyar. 

Selain itu, aplikasi ini juga memerlukan sinyal yang cukup kuat dan stabil walaupun dapat memilih kualitas gambar yang diinginkan. Adapun, kualitas gambar yang dapat dipilih berkisar antara 240p--1080p.

Telkomsel

Penyelia layanan saluran tersebut menjangkau daerah yang cukup luas. Hal tersebut dibuktikan dengan pembandingan dengan dua penyelia lainnya. 

Saat menggunakan Spotify dan Maxstream, tim hanya beberapa kali mengalami penyendatan penggunaan, seperti di daerah Besuki, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton, dan beberapa tempat di sepanjang ruas Tol Cipali.

XL

Secara peringkat, penyelia ini masuk ke peringkat kedua setelah Telkomsel. Pasalnya, XL dapat menutupi beberapa titik saat sinyal Telkomsel rendah atau hilang.

Hal tersebut sangat membantu tim saat melaporkan keadaan lalu lintas terkini maupun, melakukan riset, maupun mengunggah foto dan video. 

Indosat

Penyelia saluran ini cukup membuat tim kesulitan saat jauh dari perkotaan. Akan tetapi, harga maupun produk yang ditawarkan oleh penyelia tersebut lebih kompetitif dibandingkan kedua penyelia sebelumnya.

Tim Jelajah Lebaran menilai varian paket Unlimited yang ditawarkan sangat membantu saat beristirahat dalam penginapan. Namun, minimnya jangakuan sinyal penyelia tersebut memang menjadi penekanan utama.

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M. Arief, Maria Elena, Reni Lestari)

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jelajah Jawa-Bali

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top