10 Penyakit yang Bisa Diobati dengan Yoga

Yoga adalah salah satu bentuk latihan yang benar-benar menawarkan sejumlah besar manfaat fisik dan mental yang mengesankan, yang meliputi mengurangi gejala depresi, meningkatkan kesehatan jantung, membangun kekuatan dan fleksibilitas.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 24 Juni 2019  |  12:15 WIB
10 Penyakit yang Bisa Diobati dengan Yoga
Pose yoga suryanamaskar - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -  Yoga adalah salah satu bentuk latihan yang benar-benar menawarkan sejumlah besar manfaat fisik dan mental yang mengesankan, yang meliputi mengurangi gejala depresi, meningkatkan kesehatan jantung, membangun kekuatan dan fleksibilitas.

Tetapi salah satu manfaat yoga yang menonjol adalah kemampuannya yang kuat untuk mengobati penyakit.

Berbagai kondisi kesehatan atau penyakit seperti asma, hipertensi, diabetes, kecemasan dan depresi, nyeri sendi dan otot, sakit punggung, kanker dan sebagainya dapat diobati dengan beberapa jenis yoga.

Namun, perlu diingat bahwa berlatih yoga saja tidak akan membantu dalam menyembuhkan penyakit. Tetapi yoga harus menjadi bagian dari proses perawatan.

Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa diobati yoga.

1. Kanker

Yoga asana yang disebut Hatha yoga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien kanker. Mempraktikkan Hatha yoga sebagai bagian dari proses pengobatan kanker juga telah menunjukkan perbaikan dalam biomarker seperti TNF-alpha, IL-1beta, dan Interleukin 6. Namun, yoga Hatha tidak memiliki efek pada penyebab penyakit yang mendasarinya.

2. Nyeri punggung

Nyeri punggung bawah disebabkan karena banyak faktor seperti cedera, postur yang buruk, gerakan berulang, atau penuaan. Hatha yoga adalah salah satu latihan yoga yang efektif dalam pengelolaan nyeri pinggang kronis. Bentuk yoga hatha biasanya menggabungkan unsur-unsur posisi posisi tubuh, konsentrasi, pernapasan, dan meditasi.

3. Aterosklerosis koroner

Pasien dengan penyakit arteri koroner harus melakukan latihan pernapasan dalam seperti Pranayama karena menurunkan kadar kolesterol serum (kolesterol total, kadar trigliserida, dan kolesterol LDL), meningkatkan kapasitas olahraga, dan mengurangi berat badan.

4. Asma

Pranayama adalah latihan pernapasan dalam yang dapat membantu mengatasi dan mencegah serangan asma. Selama Pranayama, udara yang Anda hirup mendorong alveoli paru-paru yang tertutup atau tidak berfungsi. Ini mengisi pembuluh kapiler paru-paru dengan lebih banyak oksigen dan mengatur laju pernapasan Anda.

5. Diabetes

Surya Namaskar adalah asana yoga dua belas langkah yang melibatkan peregangan dan pernapasan, yang sangat efektif dalam mengendalikan dan mengelola diabetes, karena meningkatkan produksi insulin dari pankreas.

6. Masalah jantung

Pose kobra efektif dalam mengobati masalah jantung, karena membantu meregangkan dan memperluas dada, sehingga memungkinkan lebih banyak aliran darah ke jantung dan menstimulasi itu. Latihan pernapasan lain yang disebut Kapalbhati sangat membantu dalam mengobati penyakit jantung, karena ia mempromosikan asupan lebih banyak udara ke paru-paru dan memungkinkan lebih banyak oksigen untuk menyebar ke dalam sirkulasi darah paru-paru.

7. Kecemasan dan depresi

Yoga backbend adalah bentuk yoga lainnya, yang efektif dalam memerangi kecemasan dan depresi dan membantu menenangkan pikiran Anda. Dalam serangan kecemasan, tubuh dan pikiran masuk ke mode panik, yang membuat tubuh Anda dibanjiri dengan 'melawan atau hormon pelarian'. Jadi, latihan pernapasan dalam yang sederhana dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh Anda.
penyakit diobati melalui yoga

8. Hipertensi

Yoga Sarvangasana, khususnya, telah terbukti bermanfaat dalam mencegah dan mengobati hipertensi. Bentuk yoga ini dikombinasikan dengan relaksasi, psikoterapi, dan meditasi transendental memiliki efek anti-hipertensi.

9. Masalah perut

Pose anak sangat bermanfaat dalam menyembuhkan masalah pencernaan dengan membantu pergerakan usus yang baik. Ini juga membantu meredakan sindrom iritasi usus dan masalah terkait lambung lainnya.

10. Nyeri sendi dan otot

Pose pohon ini efektif dalam mengobati nyeri tulang, sendi, dan otot dengan memperbaiki perataan kembali dan memperkuat otot punggung bawah. Surya Namaskar juga bermanfaat dalam mengobati nyeri sendi dan radang sendi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
YOGA

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top