Health

Manfaat Zumba untuk Anak-anak dengan Gangguan Spektrum Autisme

Mia Chitra Dinisari
Senin, 1 Juli 2019 - 14:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gangguan Spektrum Autisme (GSA) atau disebut juga sebagai Autism Spectrum Disorder (ASD) sering disalahartikan sebagai penyakit.

GSA atau ASD pada dasarnya merupakan suatu gangguan perkembangan kognitif yang berkelanjutan  yang berarti akan  berlangsung  seumur hidup. Pada dasarnya, GSA atau ASD mempengaruhi perkembangan  kognitif (berpikir) dan berbahasa, keterampilan motorik dan sosial;  hal tersebut diatas  memperlambat kemampuan mereka. Setelah didiagnosis GSA atau ASD, seseorang tidak dapat sembuh sepenuhnya.

Rr. Finandita Utari M.Psi, seorang psikolog, mengatakan, ketika anak-anak Anda didiagnosis menderita GSA atau ASD, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengajari mereka keterampilan dasar seperti berbicara, berjalan, dan lainnya, karena keterampilan motorik mereka cenderung tumbuh lebih lambat dari  anak-anak lain.

"Selain itu, mereka kesulitan untuk fokus dan memiliki keseimbangan yang kurang baik." Ujarnya seperti dikutip dari siaran persnya.

Dia menjelaskan bahwa anak-anak dengan GSA atau ASD biasanya menghadapi tujuh tantangan umum, yaitu kontak mata yang terbatas, komunikasi verbal dan non-verbal, keterampilan sosial, keterampilan motorik, keterlambatan bicara, perilaku berulang, dan kesulitan beradaptasi.

“Ada berbagai cara agar kondisi tersebut menjadi lebih baik, salah satunya adalah dengan berolahraga atau melakukan gerakan yang melatih koordinasi tubuh, mulai dari mata, tangan, kaki, dan sebagainya. Selain untuk kesehatan, kegiatan itu bermanfaat bagi mereka dalam meningkatkan keterampilan motorik, komunikasi, sosial, dan cara berpikir mereka.  Suatu rutinitas dapat meningkatkan fokus,, melatih kemandirian dan mengurangi hipersensitivitas mereka,” tambahnya.

Olivia Febriani, seorang spesialis pendidikan Zumba® atau yang resmi disebut Zumba® Education Specialist (ZES), menyarankan agar para orang tua mempertimbangkan kelas Zumba® untuk anak-anak mereka dengan GSA atau ASD, karena kegiatan tersebut  menuntut mereka untuk mengikuti instruksi koreografi, menyelaraskan tubuh dengan musik, dan mengendalikan laju pernapasan.

Anak-anak dengan GSA atau ASD dapat memulai kelas Zumba dengan bergabung di Zumba® Gold, karena kelas ini dilengkapi dengan koreografi yang mudah untuk diikuti,  berfokus pada keseimbangan, rentang gerak, dan koordinasi. Meskipun pada awalnya dirancang untuk orang tua, Zumba® Gold terdiri dari gerakan intensitas yang jauh lebih rendah,  sesuai untuk anak-anak  penderita GSA atau ASD. Tentunya akan ada penyesuaian pada lagu dan gerakan, sehingga tidak  dibutuhkan usaha keras.

Untuk meningkatkan keterampilan sosial mereka, Olivia menyampaikan bahwa mereka juga harus mencoba kelas Zumba® Kids karena mereka akan bertemu dengan anak-anak lain dan belajar  cara berteman. Bergabung dengan kelas Zumba® Kids  dapat pula meningkatkan keterampilan komunikasi mereka. Terlebih lagi, bermanfaat untuk mengembangkan kepemimpinan, kerjasama  regu, dan kepercayaan diri mereka.

"Setiap orang memiliki naluri musik di dalam diri mereka. Menggerakkan tubuh mereka sesuai ritme, merangsang indera dan  koordinasi tubuh mereka. Selain itu, mendengarkan musik membuat mereka bahagia”, papar Olivia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro