Makanan untuk vegetarian/Istimewa
Health

Begini Cara Agar Berhasil Diet Vegan

Eva Rianti
Kamis, 4 Juli 2019 - 18:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Diet vegan merupakan salah satu diet yang paling populer dan menjadi pilihan bagi sebagian orang.

Konsep kerja diet ini memotong kalori dari makanan olahan hewan dan menggantinya dengan bahan dasar tanaman. Manfaat dari diet vegan beragam, diantaranya menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.  

Sayangnya, tidak sedikit yang gagal untuk konsisten menjalankan diet ini lantaran tak tahan dengan godaan kelezatan olahan daging. Beberapa juga gagal karena tidak tahu persis apa yang seharusnya dimakan dan dihindari.  

Beberapa ahli mengungkapkan, diet vegan cukup sulit diikuti oleh para pemula jika mereka tidak tahu apa yang harus dikonsumsi. Beberapa pemula gagal memilih opsi yang lebih sehat, dan ini akan menyebabkan efek buruk, seperti kelelahan dan mudah marah.

Menghindari makanan favorit juga dapat membuat para pemula merasa kurang bersahabat dengan diet vegan, dan ini bisa membuatnya ragu dengan komitmennya terhadap rencana diet tersebut.  

Berikut ini beberapa tips yang dapat memudahkan transisi Anda ke pola makan vegan, seperti dilansir dari Medicaldaily.

Membuat Daftar Belanja Vegan

Hal pertama yang dilakukan untuk mudah melakukan transisi ke pola makan vegan adalah dengan membuat daftar makanan vegan.

Ahli Diet Stacey K. Leung yang berbasis di New York mengungkapkan bahwa sebenarnya sangat sulit untuk menentukan makanan mana yang merupakan vegan dan bukan vegan.

“Saat dilema, pilihlah buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Banyak makanan nabati yang mengandung protein, seperti jenis kacang-kacangan, biji-bijian, selai kacang, tahu, dan sayuran,” ujarnya.

Melepaskan Daging Merah

Seorang ahli diet Emily Wood menyarankan agar orang-orang yang melakukan diet vegan bisa melakukan transisi dengan kecepatan yang mereka rasa nyaman.

Misalnya, dengan waktu tertentu meninggalkan daging merah terlebih dahulu, lalu melepaskan unggas, susu, dan ikan pada pekan selanjutnya.

Memasukkan Pengganti Berbasis Tanaman

Ketika melakukan diet vegan, hal yang mensukseskannya adalah memasukkan pengganti makanan berbasis tanaman.

Sebuah artikel yang diterbitkan di Women’s Health Magazine, menambahkan kelapa sebagai pilihan yogurt non-susu bisa membuat Anda merasa tidak terlalu keberatan selama menjalani proses diet vegan. Anda juga bisa memilih keju vegan sebagai alternatif yang baik bagi pecinta daging.

Hindari Junk Food

Beralih ke pola makan vegan mungkin juga membuat Anda kekurangan energi. Setiap kali Anda merasa gelisah, pertimbangkan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan utuh sebanyak mungkin, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian dan lemak sehat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro