Film Horor Halloween/Istimewa
Relationship

Ternyata Menonton Film Horor Bisa Bantu Atasi Depresi

Eva Rianti
Kamis, 11 Juli 2019 - 13:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Universitas Westminster, London menunjukkan bahwa film horor dapat meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan emosional.

Sebagian orang menilai bahwa menonton film bisa memberikan efek negatif bagi tubuh karena menimbulkan perasaan takut, membuat jantung berdetak lebih kencang dan bernapas lebih cepat. 

Percaya atau tidak, penelitian dari Universitas Westminster tersebut membuktikan hal yang kontras terhadap anggapan tersebut. Penelitian ini membuktikan bahwa menonton film horor sebenarnya bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Berikut tiga alasan menonton film horor memberi manfaat positif bagi kesehatan, seperti dilansir dari Medicaldaily, baru-baru ini.

Membuat kelenjar adrenalin menjadi aktif

Ketika menonton film horor, rasanya jantung berdebar-debar dan tegang. Kabar baiknya, menurut para ahli medis, menonton film horor akan membuat kelenjer adrenalin menjadi aktif dan memompa lebih cepat darah ke seluruh tubuh.

Hal itu dapat memberi efek peningkatan energi dan membuat otak Anda melepas zat yang akan membuat perasaan menjadi lebih baik.

Peningkatan energi yang Anda dapatkan dari memompa adrenalin melalui sistem Anda membantu membuang semua hormon stres.

Adegan mengejutkan bantu atasi depresi

Adrenalin adalah alasan menonton film horor bisa bermanfaat bagi kesehatan Anda. Orang-orang yang depresi mengalami penurunan tingkat adrenalin yang parah.

Menurut penelitian, menonton adegan-adegan yang menakutkan bisa langsung membuat orang bahagia. Perasaan cemas, putus asa, dan sedih akan bisa diganti menjadi ruang bagi hormon-hormon positif.

Membakar kalori dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ketika menonton film, biasanya tubuh Anda akan aktif bereaksi, misalnya berteriak, menutup mata, terkejut, menutup telinga, dan aktivitas lainnya yang bisa mengeluarkan keringat. Ragam respon tersebut ternyata mampu membakar kalori Anda.

Selain itu, menonton film horor juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Setelah menerima serangkaian hentakan dari bagian film yang menegangkan, otak Anda mendapatkan gelombang dopamin, glutamate, dan serotonin.

Hormon tersebut dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga otak dalam keadaan kuat. Pergerakan kadar sel darah putih Anda juga akan meningkat dengan cepat setelah Anda menonton film horor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro