3 Tahun Keliling 30 Negara, Perjalanan Wiebe Wakker dengan Mobil Listrik Berakhir di Selandia Baru

Wiebe Wakker, seorang petualang asal Belanda telah menyelesaikan perjalanan panjangnya dengan sebuah kendaraan listrik di Selandia Baru setelah 3 tahun berkeliling ke lebih dari 30 negara.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 21 Juli 2019  |  12:54 WIB
3 Tahun Keliling 30 Negara, Perjalanan Wiebe Wakker dengan Mobil Listrik Berakhir di Selandia Baru
Wiebe Wakker bersama kendaraan listriknya Blue Bandit - Sumber: Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Wiebe Wakker, seorang petualang asal Belanda telah menyelesaikan perjalanan panjangnya dengan sebuah kendaraan listrik di Selandia Baru setelah 3 tahun berkeliling ke lebih dari 30 negara.

Dilansir dari Reuters, Minggu (21/7/2019) Wakker berangkat dengan kendaraan listrik yang dijuluki “Blue Bandit” pada Maret 2016 dari Belanda. Proyek tersebut dilakukan untuk menunjukkan potensi transportasi berkelanjutan.

“Saya ingin melakukan yang terbaik untuk mempromosikan teknologi ini dan menunjukkan bahwa sustainability adalah konsep transportasi yang sangat mungkin,” katanya.

Untuk itu, dirinya mencoba melakukan perjalanan panjang menggunakan kendaraan listrik dari Belanda hingga ke Selandia Baru, “Saya ingin melakukan sesuatu yang bisa berbicara tentang mengendarai mobil listrik dari Amsterdam ke belahan dunia lain untuk menunjukkan bahwa itu dapat dilakukan,” imbuhnya.

Perjalanan Wakker nyatanya telah menempuh jarak sejauh 101.000 kilometer yang membawanya melewati berbagai wilayah seperti Eropa Timur, India, Asia Tenggara, dan mengelilingi sebagian besar Australia hingga akhirnya menyebrang ke Selandia Baru.

Wakker memberikan pembaruan rutin di blog dan sosial medianya sepanjang perjalanan tentang beberapa hal yang terjadi, misalnya kesempatan mengunjungi produsen mobil terbesar Iran di Teheran, gangguan di pulau Jawa Indonesia, dan kunjungannya ke pedalaman Australia dan Uluru.

Perjalanan Wakker bersama mobil listriknya ke berbagai negara didanai oleh para penggemar melalui media sosial dan blog. Dia juga mengatakan bahwa banyak orang di seluruh dunia yang mendukung dengan menawarkan makanan, tempat tinggal, dan pengisian daya di sepanjang perjalanan yang dilalui.

Berdasarkan laman resminya, kendaraan listrik Blue Bandit memiliki spesifikasi sebagai berikut, 37 kwh Li-ion battery full electric dengan jarak tempuh 200 kilometer, memiliki 1 gear (2nd dan reverse) transmisi manual, dan 150 kw motor dengan kecepatan maksimal mencapai 180 kilometer per jam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mobil Listrik

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top