Mulai Diputar Hari Ini, Seperti Ini Lokasi Syuting Film Bumi Manusia di Gamplong

Khusus di Yogyakarta, produser dari film ini membangun studio khusus yang dikenal dengan studio alam di Desa Gamplong, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman.
Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 15 Agustus 2019  |  11:04 WIB
Loading the player ...

Bisnis.com, JAKARTA — Mulai hari ini, film Bumi Manusia karya sutradara Hanung Bramantyo resmi diputar di bioskop. Film itu mengambil kisah cerita dari novel karya Pramoedya Ananta Toer dengan judul yang sama.

Pengambilan gambar film yang dibintangi pemain di antaranya Iqbaal Ramadhan, Ine Febriyanti, Ayu Laksmi, dan Mawar Eva de Jong itu dilakukan di sejumlah tempat seperti Yogyakarta, Semarang, dan Belanda.

Khusus di Yogyakarta, produser dari film ini membangun studio khusus yang dikenal dengan studio alam di Desa Gamplong, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman. Cek lokasi di sini.

Setelah dipakai untuk lokasi syuting, studio alam itu ramai dikunjungi masyarakat. Bahkan, selama periode Agustus 2019, banyak aktivitas yang digelar di kawasan itu salah satunya pasar malam.

Bisnis sempat berkunjung ke kawasan studio alam Gamplong itu. Di sana, setting lokasi memang di buat seperti zaman dulu.

Jika Anda menyaksikan trailer film itu yang salah satu adegannya di kereta api, di antaranya diambil di lokasi ini. Tim produksi film membuat stasiun dan kereta api tiruan untuk mengakomodasi pengambilan gambar.

Kereta api tiruan lengkap dengan relnya ada di lokasi tersebut.

Hal lain yang ada di studi alam ini adalah kawasan yang dibuat layaknya kampung kumuh. Rumah-rumah bedeng dari seng juga terlihat di sini.

Sejak dibuka untuk umum, kawasan ini memang ramai dikunjungi warga dan wisatawan dari berbagai daerah.

Mereka sengaja untuk berfoto ria di kawasan itu. Masuknya pun tak butuh menguras kantong, cukup sisihkan uang sekadarnya untuk perawatan dan para penjaga yang ditugaskan mengelola kawasan ini.

Kalau ingin menjajal kereta api tiruan, Anda bisa membayar Rp5.000.

Studio alam Gamplong pernah dikunjung Presiden Joko Widodo pada Juli tahun lalu. Boleh jadi, kawasan itu nantinya akan menjadi buruan wisatawan untuk sekadar foto dengan nuansa lama.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Film, film indonesia, hanung bramantyo

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top