Ilustrasi/Testube
Relationship

Mengenal Hormon Bahagia dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 20 Agustus 2019 - 10:10
Bagikan

Cara Alami Untuk Meningkatkan Hormon Bahagia Anda

Anda tidak harus menyerah pada suasana hati yang mendung karena ada cara-cara di mana Anda dapat membantu diri sendiri untuk bangkit kembali dan bertemu hari itu dengan penuh semangat dan bahagia.

1. Olahraga

Cara pertama dan paling efektif untuk bangkit dan keluar serta meningkatkan hormon bahagia Anda adalah dengan berolahraga. Didukung oleh penelitian, olahraga 20 hingga 30 menit setiap hari dapat membantu secara drastis meningkatkan suasana hati Anda secara keseluruhan karena olahraga dapat membantu mengatur tidur Anda, mempertahankan jantung yang sehat, dan menyingkirkan pikiran negatif.

Berolahraga membantu dalam produksi dan peningkatan kadar endorfin dan serotonin yang membantu meningkatkan suasana hati dan tingkat energi kita. Jadi, jika Anda merasa rendah diri, Anda tahu apa yang harus dilakukan - ambil mantel dan berjalan-jalan atau berdansa!

2. Makan cokelat hitam

Ya, Anda sudah membacanya dan sekarang Anda memiliki bukti ilmiah untuk menikmati cokelat favorit Anda tanpa rasa bersalah. Cokelat hitam dengan setidaknya 50 persen dapat membantu meningkatkan kadar endorphin dan serotonin Anda, yang memiliki dampak langsung pada suasana hati Anda, karena membantu meningkatkan fungsi hormon bahagia Anda.

3. Makan karbohidrat (baik)

Itu adalah satu lagi tambahan ke daftar. Menurut penelitian, makanan kaya karbohidrat bermanfaat dalam meningkatkan kadar serotonin kita, sehingga meningkatkan mood dan meningkatkan hormon bahagia. Pilih karbohidrat sehat, yaitu karbohidrat rendah GI, organik dan bergizi, seperti muffin, beras merah, dll.

4. Renungkan

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan hormon bahagia Anda adalah dengan berlatih meditasi. Dampaknya pada kesehatan mental Anda sangat besar karena memicu hipotalamus dan karenanya merangsang pelepasan endorfin oleh kelenjar hipofisis.

Berlatih meditasi setiap hari selama setidaknya 10 menit dan saat bermeditasi, fokuslah pada napas Anda untuk membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan hormon bahagia.

5. Memelihara anjing atau kucing

Kita semua sadar bahwa rayuan cinta ini dapat membantu kita keluar dari ketakutan, dan ilmu pengetahuan setuju. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengelus teman baik Anda selama 15 menit saja dapat memicu pelepasan hormon bahagia seperti serotonin, prolaktin, dan oksitosin, dan juga mengurangi hormon stres kortisol.

6. Keluar di bawah sinar matahari

Vitamin D diperlukan untuk produksi bahan kimia otak seperti dopamin dan norepinefrin dan asetilkolin. Cahaya terang dari sinar matahari membantu meningkatkan kadar serotonin - hormon bahagia Anda. Luangkan waktu (10-15) menit di bawah sinar matahari, dan jika Anda bisa melakukannya setiap hari, jangan hentikan diri Anda sendiri.

7. Makan vitamin B

Gejala kekurangan vitamin B termasuk lekas marah, rentang perhatian pendek dan kehilangan memori jangka pendek. Dengan demikian, semakin penting bagi Anda untuk memberi tubuh Anda pasokan vitamin B yang baik yang penting untuk produksi neurotransmiter tertentu seperti dopamin, serotonin, dan norepinefrin. Anda bisa mendapatkan vitamin B dari beras merah, kacang-kacangan, gandum dan daging, dan juga dari kangkung, bayam, brokoli dan roket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro