Ingin Anak Sukses? Terapkan Pola Asuh yang Baik

Anak-anak yang sukses berasal orang tua yang baik. Orang tua pasti berusaha sebaik mungkin agar anak-anaknya dapat sukses kelak. Namun, banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa pola asuh yang baik merupakan salah satu kunci kesuksesan anak-anak.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 28 Agustus 2019  |  09:46 WIB
Ingin Anak Sukses? Terapkan Pola Asuh yang Baik
Ilustrasi - Webmd

Bisnis.com, JAKARTA— Anak-anak yang sukses berasal orang tua yang baik. Orang tua pasti berusaha sebaik mungkin agar anak-anaknya dapat sukses kelak. Namun, banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa pola asuh yang baik merupakan salah satu kunci kesuksesan anak-anak.

Kesuksesan bukan selalu berbicara tentang kekayaan atau kemakmuran, tetapi kesuksesan untuk mengarahkan anak-anak sesuai dengan minat dan bakatnya, mengarahkan anak menemukan tujuan hidupnya, sekaligus juga tumbuh dengan nilai-nilai yang benar dan karakter moral yang baik.

Bagaimana caranya menjadi orang tua yang baik dan membesarkan anak-anak yang sukses? Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

1.      Penuh perhatian

Studi dari Journal of American Associatuon Psychiatry melakukan penelitian selama 30 tahun untuk menilai keberhasilan anak hingga dewasa. Penelitian diikuti oleh 2.500 anak berusia 6 tahun selama 30 tahun. Temuan dari studi ini menunjukkan bahwa pada saat dewasa, mereka yang kurang perhatian sejak kecil cenderung kurang berhasil.

Kurang perhatian yang dimaksud adalah orang tua yang memiliki keterampilan berbagi yang buruk, kurang fokus, cenderung menyalahkan orang lain, dan agresif. Hal ini menunjukkan bahwa sebagai orang tua, Anda mengajari anak-anak dengan bijaksana, fokus, dan menangani masalah agresi.

2. Hadir untuk Anak-Anak Anda

Salah satu tip untuk membesarkan anak-anak yang sukses adalah berada di sana untuk anak-anak Anda. Anak-anak menginginkan orang tua mereka. Mereka lebih suka memiliki waktu dan perhatian dari orang tua dari pada bermain dengan mainan. Orang tua perlu memastikan bahwa kehidupan pribadi dan kehidupan kerja seimbang, sehingga anak-anak kita mendapatkan waktu yang mereka butuhkan dari orang tuanya.

3. Memberi pujian saat anak berusaha

Salah satu cara terbaik untuk membantu anak mengembangkan diri dan kemampuannya adalah dengan memuji upaya dan usaha mereka, bukan prestasi mereka. Jika Anda memuji upaya mereka, maka ketika mereka gagal, mereka masih dapat mengidentifikasi hal yang baik dalam situasi tersebut.

Anak-anak perlu dipuji untuk mengembangkan harga diri dan kepercayaan diri ketika mereka dapat mencapai kesuksesan, bahkan dalam hal-hal kecil dalam hidup seperti belajar mengikat sepatu atau belajar mengendarai sepeda. Anak-anak membutuhkan kata-kata positif sehingga mereka dapat percaya pada diri mereka sendiri untuk mencoba.

4. Ajari anak untuk bekerja keras

Orang-orang sukses biasanya adalah pekerja keras. Itulah sebabnya anak-anak perlu diajari bekerja keras di rumah. Anak-anak perlu mengembangkan etos kerja yang baik dan belajar untuk menjadi bagian dari tim (keluarga), agar menjadi orang dewasa yang sukses. Anak-anak perlu diberikan tugas rutin sehingga mereka bisa belajar untuk bertanggung jawab. Ketika anak-anak harus mengurus rumah, mereka menjadi lebih sadar akan kondisi rumah.

Jangan biarkan anak-anak Anda menjadi begitu sibuk sehingga mereka tidak dapat berpartisipasi dalam pekerjaan rumah tangga. Pekerjaan rumah akan membantu mereka dalam perkembangan dan kemampuan mereka untuk menjadi sukses sebagai orang dewasa.

5. Ajari karakter yang baik

Bagi banyak keluarga, pengajaran pengembangan karakter berakar pada iman dan praktik keagamaan mereka, tetapi terkadang itu tidak cukup. Orang tua harus secara sadar mengajar anak-anak kita menjadi individu yang baik. Mengajarkan sifat-sifat baik ini adalah praktik sehari-hari. Dimulai dari Anda sebagai orang tua.

6. Jadilah teladan

Orang tua adalah teladan bagi anak-anak mereka untuk menjadi sukses. Jika kita ingin anak-anak kita menjadi sukses, maka kita perlu mencontohkan perilaku yang terkait dengan kesuksesan.

Kepercayaan, rasa hormat, kemandirian, kolaborasi, dan kebaikan adalah perilaku yang harus kita ajarkan untuk dicontoh oleh anak-anak. Anak-anak kita meniru apa yang kita lakukan.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
parenting

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top