"Konspirasi Gaib" Analogikan Kehidupan Masyarakat Modern

Film pendek berjudul Konspirasi Gaib besutan LA Indie Movie yang siap tayang pada akhir tahun mengemas cerita tentang dua makhluk gaib yang khawatir eksistensi mereka terkalahkan oleh penggunaan media sosial di masyarakat.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 13 September 2019  |  09:13 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Film pendek berjudul Konspirasi Gaib besutan LA Indie Movie yang siap tayang pada akhir tahun mengemas cerita tentang dua makhluk gaib yang khawatir eksistensi mereka terkalahkan oleh penggunaan media sosial di masyarakat.

Alfredo Nugroho, penulis cerita Konspirasi Gaib, menuturkan bahwa media dan teknologi sangat berpengaruh bagi masyarakat, sehingga penggunaannya perlu disikapi secara baik dan benar. “Salah satu contoh buruk adalah ketika teroris mulai menggunakan internet untuk menyebarkan eksistensinya,” ujarnya pada Kamis (12/9/2019).

Dia mencontohkan tentang aksi terorisme di New Zealand yang menggunakan rekaman video untuk menyebarkan kebencian dan ketakutan. Hasil rekaman video itu pun viral, sesuai dengan maksud dari perekam untuk menebarkan teror.

“Di sini [film Konspiras Gaib] saya ingin menyampaikan fenomena tersebut dengan sebuah analogi, teroris digantikan oleh makhluk halus yang ingin menyebarkan eksistensi dan ketakutan dengan membuat video propaganda seperti yang dilakukan aksi terorisme saat ini,” tuturnya.

Dia menambahkan, cerita Konspirasi Gaib dibuat dengan alur komedi, tetapi diharapkan mampu memberikan perspektif baru bagi penonton bahwa bukan teroris saja yang melakukan terorisme, melainkan mereka yang ikut menyebarkan video kekerasan turut andil dalam aksi teror itu sendiri.

Sementara Akhmad Alfi yang bertugas sebagai sutradara mengatakan, cerita Konspirasi Gaib cukup relevan dengan kondisi masyarakat saat ini. Dia pun mengemas pesan dalam film itu dengan genre komedi-horror, tetapi tetap menyajikan detail kejadian yang menggambarkan proses penyebaran video viral dengan mudah terjadi.  

Adapun Konspirasi Gaib menceritakan tentang dua makhluk halus bernama Wowo, yang berwujud gendoruwo, dan Cong berwujud pocong. Mereka berdua merasa bahwa kehadirannya sudah tidak ditakuti lagi oleh manusia.

Mereka pun mulai menakuti seorang influencer tetapi usahanya selalu gagal. Lantaran putus asa, Wowo dan Cong  mulai berkonspirasi menyebarkan teror ketakutan pada manusia dan membuat manusia takut lagi dengan makhluk halus.

Film Konspirasi Gaib direncanakan tayang pada akhir 2019 dan saat ini sudah sampai tahap post-production. Film yang diproduseri oleh Ismail Basbeth ini bakal meluncur di kanal digital iFlix dan Viddsee.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Film

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top