Ilustrasi wawancara kerja via telepon./Istimewa
Relationship

5 Langkah Sukses Mencari Kerja

Mia Chitra Dinisari
Senin, 16 September 2019 - 16:01
Bagikan

Berlatih untuk wawancara Anda

Walaupun sebagian besar hal terkait tahap wawancara telah dibahas pada langkah sebelumnya, penting untuk membahas kembali beberapa aspek wawancara yang lebih penting, yang mencakup menjawab pertanyaan-pertanyaan generik seperti "Ceritakan mengenai diri Anda" atau "Mengapa kami harus mempekerjakan Anda? ”
 
Untuk beberapa kandidat yang lebih berpengalaman, jawaban atas pertanyaan-pertanyaan wawancara ini mungkin datang secara alami mengingat jumlah wawancara kerja yang telah mereka lewati. Tetapi jika Anda adalah pencari kerja yang belum berpengalaman, sangat penting bagi Anda untuk dapat mempersiapkan jawaban untuk beberapa pertanyaan wawancara yang paling umum serta beberapa pertanyaan yang tidak terduga.
 
Persiapan yang matang akan membantu Anda dengan cara-cara tak terduga selama wawancara, jadi ingat untuk selalu bersiap-siap untuk menghadapi wawancara kerja. Setelah selesai mempersiapkan jawaban Anda untuk pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan oleh pewawancara, gunakan sisa waktu yang ada untuk melatih cara penyampaian Anda. Cara Anda berbicara serta nada suara Anda sangatlah penting, terutama dalam wawancara melalui telepon. Keduanya menunjukkan tingkat kepercayaan diri dan pengetahuan Anda.
 
Jika Anda menghadiri sebuah wawancara tatap muka (face-to-face interview), cobalah untuk lebih peka akan gerakan tubuh Anda saat berbicara. Penyampaian, nada dan gerak tubuh Anda mencerminkan tingkat profesionalisme yang Anda miliki dan akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan secara signifikan.
 
Fakta menyedihkan terkait perencanaan adalah bahwa tidak semua hal akan berjalan sesuai rencana. Akan ada saat dimana Anda lupa untuk memasukkan sesuatu dalam resume Anda atau tidak menerima satu pun panggilan wawancara atau bahkan gagal memberikan jawaban yang benar dalam wawancara. Semua tantangan tersebut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah proses pencarian pekerjaan. Di tengah semua tantangan yang mungkin Anda hadapi, ingatlah selalu bahwa perencanaan yang cermat, ketekunan dan kerja keraslah yang akhirnya akan membawa Anda untuk berhasil mendapatkan pekerjaan yang Anda dambakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro