Relationship

6 Tanda Anda Siap Jadi Bos

Nancy Junita
Selasa, 24 September 2019 - 14:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda pernah berkeinginan untuk melamar posisi sebagai pimpinan atau ‘bos’ di suatu perusahaan?

Jika Anda telah bekerja bertahun-tahun, Anda mempunyai kesempatan yang bagus untuk maju menuju posisi pemimpin, dan mengambil lebih banyak tantangan dalam pekerjaan. Bagaimana Anda tahu apakah Anda siap untuk posisi pemimpin atau bos?

JobStreet.com berbagi enam tanda yang jelas bahwa Anda siap untuk naik dan menyambut tantangan:

1. Anda ahli dalam memberikan masukan yang membangun

Salah satu kualitas pemimpin yang baik adalah kemampuan untuk mengevaluasi seorang individu dengan objektif dan menawarkan masukan kritis tapi membangun untuk membantu mereka meningkatkan dan tumbuh dalam jalan karir mereka. Apakah Anda tahu bahwa Anda memberikan saran yang membantu pada anggota tim Anda setiap hari? Apakah mereka menghargai dan menganggap masukan ini berguna? Jika ya, beri penghargaan pada diri Anda dan silang kotak ini.

2. Anda dapat mengambil keputusan dan tenang di bawah tekanan

Anda seringkali dipuji oleh bos dan kolega Anda bahwa menghadapi tekanan dengan baik sekali, dan Anda mendapatkan pujian secara rutin tentang kemampuan Anda yang mengesankan dalam bersikap tenang dan dapat mengambil keputusan dalam situasi-situasi yang menekan. Apakah ini terdengar seperti Anda? Jika Anda dengan serius mempertimbangkan untuk melamar posisi pemimpin, kemampuan untuk tetap terkendali dan membuat keputusan yang cepat di bawah tekanan merupakan persyaratannya.

3. Anda disukai

Untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif, Anda perlu untuk menginspirasi orang-orang di sekitar Anda. Hal ini berarti Anda harus disukai oleh atasan dan rekan Anda. Jika tidak dapat menyenangkan semua orang, penting bahwa orang-orang di sekitar Anda cukup menghormati Anda sehingga mau mengikuti perintah Anda, bahkan jika mereka tidak mempunyai pandangan yang sama. Anda akan menganggapnya berat (jika tidak, mustahil) untuk memimpin jika Anda tidak dapat menumbuhkan kepercayaan diri dan rasa percaya dalam keputusan-keputusan Anda.

4. Anda percaya pada tanggung jawab

Sebagai seorang pemimpin, Anda perlu menerima tanggung jawab akan orang-orang yang bekerja di bawah pengawasan. Kesalahan mereka akan menjadi kesalahan Anda sebagaimana pencapaian mereka akan menjadi refleksi dari bimbingan dan arahan Anda. Melamar posisi pemimpin berarti menerima tanggungjawab untuk tiap individu yang melamor pada Anda dan memastikan bahwa mereka bekerja dan tumbuh bersama sebagai sebuah tim.

5. Anda bagus dalam mengatur orang

Sejalan dengan poin sebelumnya, kemampuan mengatur orang yang bagus adalah syarat wajib jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin yang efektif. Anda akan menerima tugas yang tidak menyenangkan untuk mengatur orang dengan kepribadian dan temperamen yang berbeda-beda sekaligus membantu mereka untuk mewujudkan potensi penuh mereka di dalam organisasi.

Hal ini merupakan perintah yang berat, akan tetapi itulah apa yang memang harus dimiliki oleh para pemimpin yang baik. Menjadi seorang pemimpin tidak hanya memberikan perintah pada orang-orang, dan pemimpin berarti bahwa menemukan yang terbaik dari diri orang-orang dan membimbing mereka ke jalan untuk kelanjutan karir dan keunggulan professional.

6. Anda tahu kapan harus berkata “tidak”

Sebagai seorang pemimpin, Anda akan perlu untuk memprioritaskan waktu dan kemampuan  selain membuat pilhan-pilihan sulit untuk memenuhi tujuan-tujuan perusahaan dan menjalankan proyek sengan anggaran dan agenda pelaksanaan yang ditentukan. Anda akan mempunyai banyak pekerjaan. Anda tidak akan dapat menyelesaikan pekerjaan, jika terus menerus mengiyakan rekan yang meminta bantuan atau mengambil alih semua proyek yang ditugaskan pada tim Anda. Anda harus mampu berkata “tidak” jika situasinya memaksa Anda melakukan hal tersebut.

Salah satu dari kunci kualitas dari pemimpin yang efektif adalah keefisienan dalam mengatur beban kerja dan sumber daya. Tidak ada artinya menambah pekerjaan jika anak buah Anda sudah selalu bekerja lembur setiap hari. Anda harus memprioritaskan kesehatan tim Anda dan melihat secara utuh. Sebuah tim yang bekerja berlebihan tidak akan menjadi tim yang produktif atau termotivasi.

Berapa banyak dari keenam tanda ini yang Anda silang? Jika Anda memenuhi empat atau lebih, hal tersebut akan menjadi tanda yang menjanjikan. Jika Anda mendapatkan di bawah empat, setidaknya Anda tahu bagian mana yang harus Anda perbaiki. Tapi, ini bukanlah daftar yang lengkap, daftar ini menyoroti beberapa sifat utama dari seorang pemimpin yang perlu diketahui jika Anda mempertimbangkan melamar posisi pemimpin.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro